Perempuan Kian Miliki Peran Penting dalam Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Perempuan Kian Miliki Peran Penting dalam Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
info gambar utama

Peran perempuan memiliki kepentingan besar dalam kemajuan negara, bahkan dalam situasi yang sulit. Selain itu, perempuan juga memegang peran kunci dalam menciptakan potensi bisnis, terutama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam sambutannya di acara peringatan Hari Ibu yang bertajuk "Perempuan Tangguh Menuju Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang Inklusif" di Jakarta.

“Ini yang ingin kita hadirkan karena dalam situasi ekonomi penuh dengan tantangan, peran perempuan semakin strategis untuk bisa tetap menciptakan peluang usaha dan kebangkitan sektor ekonomi terutama pascapandemi, karena perempuan-perempuan hebat, perempuan mandiri inilah yang membawa satu semangat optimisme terus bangkit dan berjuang,” kata Menparekraf Sandiaga sebagaimana dikutip dari keterangan resmi.

Cerdas dan Berbakat! Polisi Wanita Indonesia Terima Penghargaan dari PBB

Memegang peran kunci

Lebih lanjut, ia juga menekankan bahwa perempuan yang tangguh di industri pariwisata memiliki peran kunci dalam membentuk lingkungan yang inklusif, mengabaikan latar belakang, gender, atau kemampuan.

Peran perempuan mencakup posisi sentral di semua aspek pemangku kepentingan dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, menjadikannya tulang punggung. Peran perempuan di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf pun sangat krusial dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pada acara ini, Menparekraf Sandiaga turut didampingi oleh istri, Nur Asia Uno, yang juga menyampaikan pesan khusus kepada perempuan di Indonesia.

“Harus lebih bersyukur dan semangat menghadapi masa depan. Insya Allah ibu-ibu Indonesia akan lebih kuat untuk sabar dan tegar,” kata Nur Asia Uno.

Sementara itu, Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, mengungkapkan bahwa perempuan menjadi pilar utama dalam membuka pintu keindahan dan keragaman destinasi pariwisata, menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi setiap wisatawan.

Di sektor ekonomi kreatif, perempuan di Indonesia juga berperan signifikan dalam bidang ekonomi kreatif dan UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

“Mereka telah menunjukkan ketangguhan dalam berbisnis di tengah krisis dan telah menjadi penopang ekonomi, terutama selama pandemi COVID-19,” kata Sesmenparekraf Ni Wayan Giri.

3 Perempuan Indonesia yang Berjasa di Bidang Teknologi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini