Kantor Kemenag Tingkat Kabupaten/Kota Bisa Digunakan untuk Ibadah Natal

Kantor Kemenag Tingkat Kabupaten/Kota Bisa Digunakan untuk Ibadah Natal
info gambar utama

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginstruksikan agar semua Kantor Kementerian Agama tingkat kabupaten dan kota di seluruh Indonesia bisa digunakan oleh Jemaat Kristen yang belum memiliki gereja untuk ibadah Natal pada tahun ini.

“Saudara-saudara kita yang ingin merayakan Natal tetapi tidak ada gereja, silahkan memanfaatkan semua Kantor Kemenag sebagai tempat ibadah Natal,” kata Menteri Yaqut, usai acara Kemah Bakti Harmoni Beragama II, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (23/12).

Adapun kemah tersebut merupakan kegiatan yang melibatkan dan menghadirkan para pemuka agama serta siswa-siswi antar lintas agama, mencerminkan semangat dalam menjaga keberagaman serta keharmonisan yang dimiliki Indonesia.

Kemah lintas agama ini berlangsung pada 22–24 Desember 2023 di Sumedang, Jawa Barat, dan dihadiri oleh 8.000 peserta yang terdiri dari penyuluh agama, Kepala KUA se-Jawa Barat, siswa-siswi madrasah, santri, serta penganut agama lainnya.

Damai Sejahtera di Bumi

Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) merilis tema besar Natal 2023, yaitu “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” dari Lukas 2:14, untuk membawa pesan damai, sukacita, dan kebaikan kepada semua orang.

Sejalan dengan itu, perayaan Natal bagi umat Kristen bukan hanya tentang tradisi atau serangkaian acara, tetapi juga mengajak untuk merenungkan makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa kelahiran Yesus Kristus.

Natal tahun ini akan dirayakan secara nasional bersama-sama dengan Presiden Joko Widodo pada 27 Desember 2023 di Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di Graha Bethany Nginden yang merupakan salah satu gereja terbesar se-Asia Tenggara.

Perayaan Natal Nasional 2023 Libatkan 30 Ribu Umat Kristiani, Meriah dan “Memorable”

Libur Natal 2023

Natal juga menjadi momen libur yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. PT KAI mencatat sebanyak 183.120 orang telah menaiki kereta jarak jauh dan lokal pada puncak libur Natal 2023 yang terjadi pada Jumat (22/12).

“Jumlah penumpang tersebut okupansinya mencapai 109 persen, angka 9 persen merupakan penumpang dinamis yang turun naik antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada Antara, Sabtu (23/12).

Menyoal lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, PT KAI mengimbau seluruh penumpang untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan mengenakan masker. Pihaknya juga berupaya menjaga kebersihan eksterior maupun interior kereta api.

Menyambut Natal dengan Menilik 8 Tradisi Unik yang Ada di Indonesia

Referensi:

  • Antara. PT KAI Layani 183 Ribu Penumpang pada Puncak Libur Natal 2023. https://www.antaranews.com/berita/3883977/pt-kai-layani-183-ribu-penumpang-pada-puncak-libur-natal-2023
  • Kompas.com. Menag Sebut Semua Kantor Kementerian Agama Bisa Digunakan Ibadah Natal. https://bandung.kompas.com/read/2023/12/22/213026278/menag-sebut-semua-kantor-kementerian-agama-bisa-digunakan-ibadah-natal

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini