Tekan Harga yang Semakin Melambung, Jumlah Penerbangan Domestik Ditingkatkan

Tekan Harga yang Semakin Melambung, Jumlah Penerbangan Domestik Ditingkatkan
info gambar utama

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong peningkatan jumlah penerbangan domestik sebagai upaya untuk menekan harga tiket pesawat yang melambung tinggi.

Sebab, saat ini harga tiket penerbangan domestik tergolong kurang terjangkau oleh masyarakat.

"Kami ingin mendorong penambahan jumlah pesawat dan penerbangan. Karena saat sebelum pandemi (COVID-19) jumlah pesawat yang beroperasi di atas 700, dan sekarang hanya 400. Jadi ada defisit sekitar 300," kata Sandiaga dikutip dari keterangan resmi.

Menurutnya, defisit jumlah pesawat terbang yang beroperasi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan harga tiket pesawat melambung tinggi. Ketersediaan kursi penerbangan yang berkurang akibat defisit jumlah pesawat dapat berkontribusi pada kenaikan harga tiket pesawat. Sehingga, upaya untuk memantau, mendorong, dan mengambil aksi agar jumlah penerbangan terus ditingkatkan.

Pesawat Superjumbo Terbang Dengan Minyak Goreng Bekas

Meningkatkan kunjungan wisatawan

Target kunjungan wisatawan mancanegara di 2024 sebesar 9,49 juta hingga 14,3 juta kunjungan dan perjalanan wisatawan nusantara 1,25 miliar-1,5 miliar, juga mesti dikejar karena Sandiaga mengatakan hal tersebut mustahil untuk tercapai kalau tidak ada tambahan penerbangan.

Sandiaga mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN untuk meningkatkan jumlah ketersediaan pesawat, menambah jumlah penerbangan, serta membuka rute-rute penerbangan domestik baru.

Kolaborasi ini bertujuan menekan harga tiket pesawat agar lebih terjangkau, mendukung optimalisasi target 1,25 miliar - 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada 2024.

Untuk mewujudkan hal tersebut Sandiaga mengajak semua pihak untuk berkolaborasi bersama menjaga kesinambungan harga tiket yang telah ditentukan Pemerintah.

"Sekarang saatnya kita bangkit bersama-sama dengan mendorong lebih banyak (rute) penerbangan dan pesawat sehingga harga tiket jadi lebih terjangkau, maskapainya bisa mendapatkan keuntungan dan wisatawan bisa mendapatkan tiket dengan harga yang lebih terjangkau," kata Sandiaga.

Arti dan Fungsi 3 Huruf Singkatan dalam Kode Bandara, Sudah Tahu?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini