Wisata Hijau Pulau Nirup, Hadirkan Pesona Maldives di Kota Batam

Wisata Hijau Pulau Nirup, Hadirkan Pesona Maldives di Kota Batam
info gambar utama

Pulau Nirup, destinasi wisata yang menyajikan resort-resort mewah di Kota Batam mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) karena pengembangannya mengedepankan aspek-aspek berkelanjutan.

“Kita melihat prototipe destinasi hijau berkelanjutan karena yang tadi dilihat bahwa tidak ada satu tetes air yang tidak terkelola dengan baik. Kita juga melihat ekosistem pariwisata ini sangat dengan dengan Singapura,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, dikutip dari kemenparekraf.go.id.

Menurutnya, pariwisata berkelanjutan menjadi tren yang dapat menarik minat wisatawan saat ini, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk itu, pihaknya mengapresiasi industri pariwisata di Batam yang terus berkomitmen memajukan Kepulauan Riau.

Wisata bahari Pulau Nirup

Pulau Nirup
info gambar

Pulau Nirup berjarak 13 kilometer dari Pantai Sentosa di Singapura. Pulau ini memiliki banyak kelebihan seperti airnya yang jernih, pulau yang asri, keberadaan terumbu karang yang indah, sehingga cocok untuk wisatawan pencinta kegiatan bawah air.

Pulau Nirup juga memiliki pelabuhan pariwisata yang telah dilengkapi fasilitas keimigrasian dan bea cukai sehingga akan memudahkan wisman untuk masuk ke kawasan ini. Selain itu, ada pula Marina, lengkap dengan fasilitas parkir kapal pesiar berkapasitas 180 kapal.

Pulau Nirup saat ini masih dalam pengembangan dan akan dibuka untuk umum pada Oktober 2024. Menparekraf Sandiaga berharap agar operasional resort mewah di Pulau Nirup akan berdampak juga pada pulau-pulau di sekitar seperti Pulau Belakang Padang.

Korea Selatan Bakal Sulap Bandara Hang Nadim Batam Jadi Makin Mantap

Maldives-nya Kota Batam

Pulau Nirup merupakan satu dari 164 pulau yang menjadi bagian dari Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Pesona yang indah yang dilengkapi fasilitas mewah membuat Pulau Nirup bagaikan di Maldives.

Dalam unggahan Instagram Menteri Perhubungan RI Budi Karya @budikaryas (14/7/2023), Duta Besar Indonesia untuk Singapura menyebut Pulau Nirup akan menjadi Maldives-nya Kota Batam. Pulau ini disebut benar-benar secantik yang digambarkan.

Di sisi lain, hadirnya wisata di Pulau Nirup juga akan dapat menyerap tenaga kerja dari penduduk lokal, dan nantinya akan disejalankan juga dengan menghidupkan pariwisata di sekitarnya melalui wisata kuliner, wisata budaya dan wisata sejarah.

5 Tempat Wisata Hits Kota Batam 2023 yang Wajib Dikunjungi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini