Sambutan Hangat Menparekraf Kepada Wisman Pertama di Indonesia Tahun 2024

Sambutan Hangat Menparekraf Kepada Wisman Pertama di Indonesia Tahun 2024
info gambar utama

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan penyambutan kepada wisatawan mancanegara (wisman) pertama di Indonesia tahun 2024. Penyambutan ini dilakukan di beberapa titik kedatangan, di antaranya Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan Kepulauan Riau (Kepri) dan Terminal Kedatangan Internasional, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Selamat datang wisatawan pertama yang datang ke Kepulauan Riau di Bintan. Tahun depan kami siap dengan lonjakan yang signifikan, untuk itu kita pastikan bahwa pariwisata aman nyaman dan menyenangkan. Kabar barunya untuk pengajuan short visa bagi wisatawan dari Singapura dan Malaysia ke Kepri sudah ada di Kementerian Keuangan,” ujar Menparekraf Sandiaga, Senin (1/1/2023).

Wisatawan mancanegara yang datang melalui Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan, Kepulauan Riau merupakan wisatawan asal Singapura. Seperti yang diketahui, Kepulauan Riau merupakan provinsi di Indonesia yang turut menjadi penyumbang wisatawan mancanegara terbesar ketiga setelah Bali dan Jakarta. Potensi wisatawan di provinsi tersebut bahkan tembus hingga 20 persen dari total wisman yang berkunjung ke tanah air tahun 2023.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad mengungkapkan, dari total jumlah kunjungan wisman di Indonesia yang mencapai 10 juta wisatawan, 1,2 juta kunjungan di antaranya berada di Provinsi Kepri per Oktober 2023. Angka tersebut diyakini akan terus tumbuh tahun 2024 ini.

"Catatan kami di tahun 2019 jumlah kunjungan wisman ke Kepri tembus mencapai hampir 3 juta kunjungan. Tahun ini saya berharap ada tambahan kapal dari Johor Malaysia ke Kepri,” ujarnya.

Tahun ini, Menparekraf menargetkan Kepulauan Riau menyumbang lebih besar wisatawan mancanegara dibanding tahun lalu, yakni hingga 25 persen.

“Ada potensi menembus 20 persen. Tahun 2024 targetnya mencapai 23-25 persen dari total wisman yang datang ke tanah air. Dengan beberapa revitalisasi pelabuhan-pelabuhan serta promosi wisata ke negara tetangga,” imbuh Menparekraf.

Minimarket Viral di Bali, Sajikan Panorama Indah Gunung Batur

Menkraf Sambut Wisman di Bali Via Daring

Penyambutan wisman di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali © Kemenparekraf
info gambar

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno juga turut menyambut wisman pertama tahun 2024 yang datang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Sandiaga menyambut wisman asal Australia melalui daring dari Bintan.

Melalui sambungan video call, Menparekraf mengungkapkan terima kasih kepada wisman Australia karena telah memilih Bali, Indonesia, sebagai destinasi untuk menikmati libur pergantian tahun.

Sementara itu, penyambutan secara langsung di Terminal Kedatangan Internasional, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali dilakukan oleh Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri; Direktur Utama PT Angkasa Pura I, MMA Indah Preastuty; dan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan.

Penyambutan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi lebih kepada seluruh stakeholder untuk mewujudkan target pergerakan wisman sebesar 9,4 juta hingga 14,3 juta pada 2024.

"Hari ini, kami senang sekali dapat menyambut wisatawan mancanegara pertama asal Australia di Bali. Kami ingin memastikan kelancaran layanan bagi wisatawan di malam menjelang pergantian Tahun Baru 2024. Kita harapkan ini dapat menjadi semangat dan motivasi dalam mewujudkan target pergerakan wisman di tahun 2024 sebesar 9,4 juta hingga 14,3 juta," ujar Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sesmenparekraf), Ni Wayan Giri Adnyani, dalam keterangannya, Senin (1/1/2024).

Tidak hanya penyambutan, acara tersebut sekaligus dilaksanakan untuk melepas penumpang keberangkatan terakhir di tahun 2023, yakni Maskapai Korean Air dengan rute Denpasar-Incheon.

Dalam acara penyambutan dan pelepasan tersebut, Sesmenparekraf Ni Wayan Giri dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I, MMA Indah Preastuty, memberikan cendera mata berupa permen, cokelat, dan 10 paket kain tenun endek khas Bali untuk lima wisatawan terakhir yang berangkat dari Bali di akhir tahun 2023 dan lima wisatawan pertama yang tiba di Bali di tahun 2024.

Kaleidoskop 2023: Geliat Pariwisata Indonesia Cetak Beragam Prestasi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini