Mengenal Bendungan Semantok, Terpanjang se-Asia Tenggara!

Mengenal Bendungan Semantok, Terpanjang se-Asia Tenggara!
info gambar utama

Bendungan terpanjang se-Asia Tenggara ternyata ada di Indonesia, yakni Bendungan Semantok.

Bendungan Semantok terletak di Nganjuk, Jawa Timur, tepatnya Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso. Bendungan ini berada di aliran Sungai Semantok, yang mana airnya pun diambil dari sana.

Bendungan Semantok telah mulai dibangun sejak 2015. Bendungan ini merupakan bagian dari Program Strategis Nasional sekaligus salah satu dari 61 bendungan yang pembangunannya ditargetkan tuntas pada 2024 mendatang.

Setelah pembangunannya dikerjakan selama kurang lebih tujuh tahun, Bendungan Semantok diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (20/12/2022). Saat itu, turut hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati dan Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Wiranto Aris.

Bendungan Semantok bukan bendungan biasa, sebab ukurannya sangat besar dengan tipe zonal inti tegak setinggi 38,5 meter dan puncak bendungan sepanjang 3.100 meter. Karena ini pula, Bendungan Semantok menjadi bendungan terpanjang se-Asia Tenggara.

Melihat Proyek Bendungan Jragung di Jateng yang Telan Dana Rp23 Triliun

Ragam Fungsi Bendungan Semantok

Selain berukuran jumbo, Bendungan Semantok juga punya beragam fungsi, mulai dari penyediaan air hingga pengendalian banjir.

Bendungan Semantok berfungsi sebagai penyedia air di daerah sekitarnya. Suplai air dari bendungan ini dapat dimanfaatkan untuk mengairi lahan pertanian, juga sebagai sumber air bersih.

Berdasarkan catatan Dirjan Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bendungan Semantok menyuplai daerah irigasi di Nganjuk seluas 1.900 hektare. Pada saat bersamaan, bendungan ini juga menyediakan air bersih bagi sekitar 143 ribu jiwa di Kecamatan Rejoso dan Nganjuk.⁣

Suplai air dari Bendungan Semantok berperan penting dalam pengembangan pertanian di daerah sekitarnya. Dengan adanya bendungan ini, diharapkan masa panen yang sebelumnya panen dua kali dapat menjadi tiga kali. Area yang sebelumnya tidak dapat ditanami padi, pun menjadi dapat ditanami tanaman pangan.

Dalam hal pengendalian banjir, Bendungan Semantok dapat mereduksi risiko banjir 137 m3/detik pada kawasan hilir yang berada di Rejoso. Di samping itu, masyarakat pun dapat menjadikan bendungan sebagai destinasi wisata, yang tentunya berpotensi turut menggerakan perekonomian setempat.

Fungsi Bendungan Semantok yang seperti demikian sesuai dengan misi pemerintah untuk mengupayakan ketersediaan air bagi masyarakat, di mana salah satu caranya adalah dengan membangun bendungan.

"Bagaimanapun air adalah kunci, baik untuk pertanian maupun untuk hal hal yang lain seperti air bersih, listrik dan pariwisata. Oleh sebab itu, semakin banyak bendungan yang kita bangun, kita harapkan produksi pertanian kita semakin baik dan kesejahteraan petani semakin baik," kata Jokowi.

Bendungan Ameroro Mulai Impounding, Akan Jadi Sumber Irigasi hingga PLTM di Konawe

Referensi:

  • https://sda.pu.go.id/berita/view/sebagai_bentuk_upaya_meningkatkan_hasil_pertanian_bendungan_semantok_telah_diresmikan
  • https://pu.go.id/berita/bendungan-ke-30-yang-diresmikan-presiden-jokowi-semantok-tingkatkan-produksi-pertanian-di-jatim
  • https://sda.pu.go.id/balai/bbwsbrantas/post/detail/bendungan_terpanjang_di_asia_tenggara_bendungan_semantok_di_jawa_timur_

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini