Ramaikan Perayaan Awal Tahun Baru 2024 di Solo, Street Performance Hingga Night Market

Ramaikan Perayaan Awal Tahun Baru 2024 di Solo, Street Performance Hingga Night Market
info gambar utama

Perayaan malam tahun baru menjadi salah satu momen yang ditunggu oleh sebagian masyarakat. Tak jarang, serangkaian acara diselenggarakan untuk meramaikan momen setahun sekali itu.

Di Kota Solo, ada sejumlah titik jalan yang ditutup dan menjadi tempat berkumpul untuk masyarakat menikmati momen pergantian tahun baru, diantaranya adalah di sepanjang Jl. Slamet Riyadi (APILL Purwosari Omah Lowo – Bundaran Gladag), Jl. Jenderal Sudirman (Gladag – Balaikota), dan Jl. Diponegoro dari Simpang Ngarsopuro hingga Simpang Mangkunegaran, yang diubah menjadi Night Market.

Pada hari biasa, Night Market di Solo hanya ada pada hari Jumat dan Sabtu malam. Namun, kali ini dalam rangka meramaikan malam pergantian tahun sekaligus menjadi salah satu tempat pertunjukkan pesta kembang api, Night Market juga buka pada Minggu malam (31/12/2023).

Ada beragam produk yang dijual, mulai dari kerajinan tangan seperti makrame, gelang, lalu ada juga pakaian, nail art, hingga jajanan kaki lima, seperti telur gulung, cilok, es teh jumbo, dan masih banyak lainnya.

Monk Mode: Tingkatkan Kualitas Hidup di 2024
Night Market Solo di daerah Ngarsopuro depan Pura Mangkunegaran
info gambar

Selain Night Market, terdapat serangkaian acara lainnya yang sengaja disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menarik minat masyarakat. Yang mana sebelum acara utama berlangsung, pada pukul 20.00 WIB sudah dilakukan pensterilan di Jalan Slamet Riyadi untuk memastikan kesiapan tempat berlangsungnya rangkaian acara yang diagendakan.

Beberapa titik jalan juga disiapkan sebagai tempat parkir bagi masyarakat yang datang dengan kendaraan pribadi, seperti di Jl. Hasanudin, Jl. Dr. Moewardi, Jl. Dr. Sutomo, Jl. Dr. Soepomo, Jl. Dr. Cipto, Jl. Bhayangkara, Jl. Kartini, Jl. Gatot Subroto, Jl. Teuku Umar, Jl. Imam Bonjol, Jl. Dr. Supomo, Jl. Museum, dan Benteng Vastenburg.

Sejak mulai dilakukan pensterilan sudah banyak pengunjung berdatangan, baik yang dari Solo maupun luar kota. Hal ini dikarenakan, perayaan pergantian tahun kali ini tidak hanya sekedar menampilkan pesta kembang api dan Solo Car Free Night ataupun Night Market yang penuh dengan beragam jajanan. Namun, ada juga suguhan pertunjukkan panggung musik, street performance, dan sendratari yang turut memeriahkan malam pergantian tahun di Solo.

Fakta-Fakta Unik Negara Jepang, Ngehitsnya Shinobi di Negeri Matahari Terbit
Perayaan malam tahun baru di halaman Balai Kota Solo
info gambar

Dilansir dari Surakarta.go.id, terdapat 13 titik tempat penyelenggaraan acara hiburan yang ada pada malam perayaan tahun baru di Solo, yaitu:

  1. Street performance dari Gajah Krumpyung yang berlokasi di Rel Bengkong
  2. Street performance dari Barong Kemamang yang berlokasi di depan Polresta
  3. Pertunjukkan panggung musik difabel oleh komunitas Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) music percussion yang berlokasi di depan kantor Dinas Sosial
  4. Pertunjukkan panggung musik Rock Klasik oleh Jeram Band yang berlokasi di depan Loji Gandrung
  5. Pertunjukkan panggung pentas seni oleh seniman Balekambang yang berlokasi di Plaza Sriwedari
  6. Pertunjukkan panggung musik Pop Jawa oleh Mixolydian ft Tatit Paksi yang berlokasi di Bank BRI Sriwedari
  7. Pertunjukkan panggung musik orkes yang berlokasi di depan Bank BTN
  8. Pertunjukkan panggung musik Pop Jawa oleh Bakar Musik yang berlokasi di perempatan Novotel Ngapeman
  9. Pertunjukkan panggung musik Koes Plus oleh KWR Plus yang berlokasi di pertigaan Bank CIMB Niaga
  10. Street performance Solo is Solo Street Art Market dan Night Market yang berlokasi di koridor Ngarsopuro – Gatot Subroto
  11. Pertunjukkan panggung musik pop oleh Dynamite Band yang berlokasi di Bank Jateng
  12. Street performance Reog Surakarta yang berlokasi di dekat Patung Slamet Riyadi – depan Bank Indonesia
  13. Pertunjukkan seni, drama, dan tari (sendratari) Ramayana “Anoman Obong” dari para Seniman ISI Surakarta di halaman Balai Kota

Dengan beragam penampilan dan hiburan yang disuguhkan tadi, menjadikan perayaan malam tahun baru di Solo sebagai acara tahunan yang mampu menarik banyak perhatian masyarakat, baik dari dalam maupun luar Kota Solo untuk datang berkunjung.

Perbaikan Tayangan Televisi, Dimulai dari Evaluasi Minat Menonton Masyarakat

Sumber:

https://surakarta.go.id/?p=30289

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini