Pemerintah Luncurkan 12 Proyek Peta Peluang Investasi Senilai Rp52 Triliun

Pemerintah Luncurkan 12 Proyek Peta Peluang Investasi Senilai Rp52 Triliun
info gambar utama

Kementerian Investasi RI/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meluncurkan 12 proyek Peta Peluang Investasi (PPI) tahun 2023 senilai Rp52,17 triliun. Promosi ini bertujuan untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Kementerian Investasi selalu siap mendukung kesuksesan IKN dan kami berharap apa yang dibuat hari ini dapat membantu Otorita IKN dalam mempromosikan IKN,” ujar Sekretaris Utama Kementerian Investasi RI/BKPM Ikmal Lukman dalam keterangan tertulis di Jakarta, dikutip Senin (8/1/2024).

Dua belas proyek PPI itu diluncurkan melalui situs PIR (Potensi Investasi Regional) www.regionalinvestment.bkpm.go.id untuk kemudian ditawarkan kepada investor potensial. Sepuluh dari 12 proyek PPI itu terletak di Kalimantan Timur, satu di antaranya berlokasi di wilayah IKN. Sementara dua lainnya tersebar di Kalimantan Barat dan Jawa Timur.

23 Investor Groundbreaking di IKN pada 2023, Nilainya Rp41 Triliun

Proyek-proyek tersebut mencakup empat sektor, antara lain: sektor sumber daya alam yang terintegrasi dengan industri hilir, industri manufaktur, jasa dan kawasan, serta infrastruktur. Seluruh proyek itu melengkapi 69 proyek yang telah dipasarkan oleh Kementerian Investasi RI/BKPM sejak 2020.

PPI tersebut diharapkan mampu membantu pemerintah mencapai target investasi Rp1.650 triliun pada 2024, menurut keterangan Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan. Hingga saat ini, ada 81 proyek yang siap ditawarkan kepada investor dengan total nilai Rp239 triliun.

“Kementerian Investasi/BKPM akan bekerja sama dengan daerah melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dalam memaksimalkan peluang investasi di daerah,” ucap Nurul.

Setelah itu, pihaknya akan menyiapkan Panduan Penyiapan Peluang Proyek Investasi sebagai pedoman pemerintah daerah dalam menyiapkan peluang proyek investasi yang berkualitas.

“Kita ingin membangun master data peluang investasi yang berkualitas,” tandasnya.

IKN Bakal Jadi Kota Netral Karbon Pertama di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini