Kota-Kota Ini Jadi Surganya Kuliner di Indonesia

Kota-Kota Ini Jadi Surganya Kuliner di Indonesia
info gambar utama

Banyak kota di Indonesia yang identik dengan sesuatu. Keidentikan tersebut menjadi ciri khas sehingga kerap dijadikan sebagai julukan. Misalnya Bogor identik dengan curah hujan yang tinggi sehingga dikenal sebagai Kota Hujan, Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar, Malang Kota Apel, hingga Palembang disebut sebagai Kota Pempek.

Keragaman potensi dari kota-kota tersebut menjadikan Indonesia semakin bhineka.

Kebhinekaan Indonesia juga tercermin dalam makanan Indonesia yang kaya akan cita rasa. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan rempah yang melimpah di Nusantara.

Tidak dapat ditampik, kuliner Indonesia memang terkenal hingga ke wilayah global. Tidak hanya jenis makanannya, beberapa kota di Indonesia bahkan dikenal sebagai pusat kuliner.

Kota-kota di Indonesia yang terkenal sebagai kota kuliner di antaranya Bandung, Jakarta, Surabaya, Padang, Malang, Yogyakarta, Seminyak, dan Ubud. Kedelapan kota tersebut mendapat peringkat sebagai Kota dan Wilayah Makanan Terbaik di Dunia versi TasteAtlas Award 2023/2024.

Kota-kota di Indonesia tersebut bertengger ke dalam 100 besar mengalahkan 16.601 kota lain yang memiliki makanan daerah dan nasional.

Berikut delapan kota surga kuliner Indonesia dengan berbagai makanan khasnya.

Nikmatnya Bakso Aci dari Garut: Kuliner Pengganti Nasi pada Zaman Belanda

Bandung

Kota Bandung bertengger menjadi 10 besar Kota Makanan Terbaik di Dunia. Tidak heran, kota ini telah melahirkan banyak makanan-makanan tradisional yang menggugah selera.

Berbagai kategori kuliner dapat ditemukan di Bandung, misalnya kupat tahu untuk sarapan, batagor sebagai snack atau camilan, soto Bandung, hingga mie kocok.

Selain itu, Bandung terkenal dengan masakan peracian atau oalahan aci. Makanan tersebut ialah cireng, cimol, cilok, cilung, cimin, cirambay, dan baso aci. Keberadaan olahan aci ini tidak dapat dilepaskan dari sejarah Provinsi Jawa Barat yang menjadi kawasan produsen tepung tapioka terbesar di Indonesia.

TasteAtlas turut merekomendasikan beberapa tempat makan terbaik untuk menikmati makanan tradisional di Bandung. Restoran tersebut di antaranya Warung Nasi Ibu Imas 81, Lemper Purnama, Baso Tahu Mang Ade, Serabi Kinca Suji, Batagor Yunus, Mie Kocok Persib, dan masih banyak lagi.

Akulturasi Budaya Tionghoa dalam Sepiring Gado-gado Betawi

Jakarta

Jakarta selalu punya cerita di berbagai aspek kehidupan. Jakarta bahkan menempati posisi ke-11 sebagai Kota dengan makanan terbaik di dunia. Jakarta punya banyak makanan tradisional, di antaranya soto Betawi, gado-gado, nasi uduk, ketoprak, kerak telor, hingga roti buaya.

Beberapa restoran yang selalu menjadi rekomendasi untuk mencicipi kuliner Jakarta ialah Soto Betawi Haji Husen, Pondok Laguna, Gulai Tikungan (Gultik), dan lainnya.

Rujak Cingur Masuk Daftar Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2021

Surabaya

Kota Surabaya identik dengan makanan daging khasnya, rawon. Selain itu, rujak cingur juga menjadi primadona. Eksistensi kedua makanan tersebut merupakan salah satu faktor yang menjadikan Surabaya menempati peringkat ke-16 sebagai Kota dengan Makanan Terbaik di Dunia.

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi, Soto Ayam Cak To, Rawon Pak Pangat, Warung Sedap Malam – Rawon Kalkulator, dan berbagai restoran lainnya menjadi tempat makan paling favorit saat menjelajahi kuliner di Surabaya.

Lamak Bana! Nasi Padang Ini Bisa Awet Setahun Tanpa Pendingin

Padang

Berbagai olahan masakan Padang © Jalur Rempah
info gambar

Padang menjadi satu-satunya kota di Sumatera yang berhasil bertengger sebagai Kota Kuliner versi TasteAtlas. Padang menempati posisi ke-42 dengan ciri khas kuliner di Padang yang terkenal dengan cita rasa santannya yang melimpah.

Makanan-makanannya bahkan sangat identik. Makanan tersebut di antaranya nasi Padang, sate Padang, gulai ayam, ayam pop, saus Padang, hingga soto Padang yang dapat ditemui di restoran Lamun Ombak Rumah Makan, Sate Itjap, Restoran Simpang Raya, dan tempat-tempat lainnya.

Aneka Varian Bakso di Indonesia dan Ciri Khasnya

Malang

Malang menyusul dengan peringkat ke-49. Makanan yang paling khas dari Malang ialah bakso Malang atau bakwan kawi. Yang khas dari makanan tersebut dibanding bakso pada umumnya ialah isian yang lebih beragam.

Bakso Malang terdiri dari berbagai makanan pelengkap, seperti pangsit goreng dan rebus dengan aneka isian, tahu goreng atau rebus dengan aneka isian, mie, hingga bakso goreng.

Bakso Malang atau Bakwan Kawi dapat ditemui di berbagai restoran seperti Bakso Kota Cak Man dan Bakso Cak Kar, atau di pedagang kaki lima.

Kelezatan Gudeg yang Terus Bertansformasi dalam Lidah Masyarakat Indonesia

Yogyakarta

Yogyakarta tidak mau kalah menyumbangkan namanya sebagai Kota Makanan Terbaik di Dunia. Kota Pelajar ini menempati posisi ke-58. Yogyakarta sangat identik dengan gudeg, bakpia pathok, ayam geprek, hingga kopi joss.

Makanan-makanan tersebut dapat dijumpai di berbagai tempat. Gudeg Yu Djum, Gudeg Sagan, Warung Kopi Klothok, Bakpia Kurnia Sari menjadi sebagian tempat makan paling legendaris di kota tersebut.

Keunikan Sate Lilit Khas Bali yang Hanya Boleh Dibuat oleh Pria

Seminyak dan Ubud Bali

Seminyak dan Ubud sebenarnya memiliki peringkat yang berbeda. Seminyak berada di posisi ke-67 sedangkan Ubud ke-86. Akan tetapi, kuliner unggulan versi TasteAtlas di kedua kota tersebut hampir mirip.

Seminyak dan Ubud terkenal dengan sajian betutu, bebek goreng, nasi campur, nasi goreng, dan sambal. Selain itu, babi guling dan sate lilit juga kerap dicari.

Makanan-makanan tersebut dapat ditemui di restoran Biku Bali, Restoran Bintang Babi, Warung Nia, dan Chandy di Seminyak; Bebek Tepi Sawah, Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, Warung Nasi Be Tutu, Kafe Wayan, Warung Murni, dan Babi Guling Bu Ari di Ubud.

Mantap! Pempek Jadi Salah Satu Seafood Terenak di Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini