Pulau Nirup, Destinasi Wisata Hijau yang Sangat Dekat dengan Singapura

Pulau Nirup, Destinasi Wisata Hijau yang Sangat Dekat dengan Singapura
info gambar utama

Kepulauan Riau punya Pulau Nirup, tempat yang dicanangkan sebagai destinasi wisata hijau yang berkelanjutan.

Di tengah hamparan perairan Selat Singapura yang masuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau, banyak pulau-pulau nan indah. Salah satunya adalah Pulau Nirup.

Pulau Nirup terletak di sebelah barat Batam. Posisinya berhadapan langsung dengan Singapura yang berada di seberang. Jarak antara negara tetangga itu dan Pulai Nirup terbilang sungguh dekat, hanya 13 kilometer.

Pulau Nirup punya keindahan laut yang luar biasa. Airnya jernih, suasananya asri, terumbu karangnya pun memesona. Bisa dibilang, pulau ini sangat cocok bagi wisatawan yang hobi dengan kegiatan bawah air.

Berbagai fasilitas penunjang pun telah tersedia di Pulau Nirup. Misalnya, ada Marina dan fasilitas parkir untuk kapal pesiar atau yacht dengan kapasitas 180 kapal. Untuk wisatawan dari luar negeri, sudah disiapkan pula fasilitas keimigrasian dan bea cukai.

Dalam beberapa tahun mendatang, bisa jadi Pulau Nirup bakal jadi salah satu destinasi wisata top. Sebab, saat ini sedang dilakukan pengembangan pulau tersebut sebagai destinasi wisata yang mengedepankan aspek-aspek berkelanjutan (destinasi hijau).

Kebun Raya Bogor, Rekreasi Edukatif Sekaligus Membersihkan Paru-Paru

Destinasi Wisata Hijau Masa Depan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno turut melihat bahwa Pulau Nirup punya potensi besar sebagai destinasi wisata. Ia menyebut Pulau Nirup sebagai prototipe destinasi hijau nan berkelanjutan.

"Kita melihat prototipe destinasi hijau berkelanjutan karena yang tadi dilihat bahwa tidak ada satu tetes air yang tidak terkelola dengan baik. Kita juga melihat ekosistem pariwisata ini sangat dekat dengan Singapura,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis.

Menurut Sandiaga, pariwisata berkelanjutan adalah tren yang kini menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Hidupnya Pulau Nirup sebagai destinasi wisata pun akan turut berdampak positif terhadap wilayah sekitarnya.

Untuk diketahui, Pengelolaan Pulau Nirup akan dipegang oleh Westin dan rencananya akan dioperasikan para Oktober 2024.

“Investasinya sudah sangat besar dan diharapkan pada Oktober 2024 ini bisa mulai beroperasi, dan saya hadir di sini untuk mengapresiasi dan memotivasi kebangkitan pariwisata di sini. Karena saat ini sudah beroperasi, nantinya pulau-pulau di sekitar Nirup seperti Belakangpadang juga akan berdampak,” kata Sandiaga.

Berminat mengunjungi Pulau Nirup dan menikmati keindahannya?

Kemenparekraf Akan Tambah Kapal Feri untuk Fasilitasi Penyeberangan Batam–Singapura

Referensi:

  • https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-pulau-nirup-jadi-prototipe-destinasi-hijau-di-batam

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini