Istana Mulai Persiapan HUT RI di IKN, Pembentukan Paskibraka Dipercepat

Istana Mulai Persiapan HUT RI di IKN, Pembentukan Paskibraka Dipercepat
info gambar utama

Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) RI memulai persiapan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). Rapat besar pertama telah dilakukan dan dihadiri semua kementerian, lembaga, TNI, hingga Polri.

Dalam pertemuan itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi meminta perwakilan masing-masing bidang untuk segera melakukan pembahasan persiapan sesuai kondisi IKN. Dirinya juga meminta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lebih cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Bukan itu saja, dia pun ingin proses latihan Paskibraka dapat segera dimulai.

“Paskibra yang biasanya itu baru terbentuk sekitar bulan Mei, saya minta lebih cepat lagi, termasuk pasukan inti sudah mulai dibentuk dari TNI kalau bisa mulai Maret sudah ada, sehingga latihannya sudah sedini mungkin. Mungkin latihan pertama ada di Jakarta dibuat simulasi mirip seperti di IKN dan lanjut nanti persiapan-persiapannya di bulan Juni, Juli, dan Agustus,” jelas Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, pada Selasa(9/1/2024).

23 Investor Groundbreaking di IKN pada 2023, Nilainya Rp41 Triliun

Saat rapat kemarin, Heru dan jajarannya mulai membahas soal akomodasi seluruh pihak yang bakal terlibat dalam perayaan HUT RI perdana di IKN. Dia juga menyebut bahwa penginapan akan tersebar di sejumlah tempat, misalnya Balikapapan dan Samarinda.

“…Pick up-nya bagaimana lantas nanti menggunakan kendaraan listrik titiknya dimana, itu kita bahas dan pendetailan hari ini dan seterusnya masing-masing tadi,” tambahnya.

Dalam waktu dekat, Heru akan kembali menggelar pertemuan dan survei lapangan secara terbatas untuk memastikan kesiapan langsung di IKN.

“Pimpinan-pimpinan tertentu, kami akan ke sana untuk membahas detail rute, rute pasukan Paskibra, rute pasukan, kesiapan pasukan inti bagaimana, itu di dalam istana,” ujarnya.

Sementara itu, saat HUT RI dilaksanakan di IKN nanti, Heru mengungkapkan bahwa ada kemungkinan masyarakat diundang secara hybrid.

“Kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan, kesiapannya, jumlahnya berapa tadi dihitung-hitung kurang lebih 2.000 kiri kanan, dan juga kombinasi hybrid kan. Hybrid juga kita bisa undang seperti saat kita merayakan HUT pada 2020 dan 2021,” pungkas Heru.

Pemerintah hingga Perusahaan Teknologi Rusia Minat Investasi di IKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini