Mengenang Lisa Rumbewas, Srikandi Angkat Besi Andalan Indonesia

Mengenang Lisa Rumbewas, Srikandi Angkat Besi Andalan Indonesia
info gambar utama

Sepanjang hidupnya, Lisa Rumbewas banyak mempersembahkan prestasi di kancah olahraga angkat besi.

Kabar duka datang dari dunia olahraga Tanah Air. Eks atlet angkat besi Lisa Rumbewas meninggal dunia di RSUD Jayapura pada Minggu (14/1/2024) di usia yang ke-43.

Kabar meninggalnya Lisa ini sebagaimana diumumkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Pesan duka cita pun datang untuk Sang Srikandi Angkat Besi itu.

“Selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berduka cita. Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan, yang Maha Pengasih, dan Jasanya sebagai Patriot Olahraga akan selalu dikenang, serta memotivasi para Lifter Indonesia untuk meraih prestasi dunia,” kata Ketum KONI Letjen TNI Purn Marciano Norman dalam keterangannya.

Tak hanya Ketua Umum KONI, Presiden RI Joko Widodo juga menyampaikan ucapan duka cita dengan menyampaikan doa dan harapannya.

"Saya berbelasungkawa atas berpulangnya Lisa Rumbewas. Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Doa untuk kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan. Semoga jasanya sebagai Pahlawan Olahraga selalu dikenang, dan menginspirasi para Atlit Indonesia," tulis Jokowi di akun Instagram resminya.

Sejarah Berdirinya PERBASI, Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia

Deretan Prestasi Lisa Rumbewas

Bagi angkat besi Indonesia, Lisa Rumbewas adalah legenda. Tak tanggung-tanggung, prestasi yang ditorehkannya bahkan mencapai level Olimpiade.

Perempuan bernama lengkap Raema Lisa Rumbewas yang lahir di Biak pada 10 September 1980 itu mengguncang panggung Olimpiade sejak 2000. Saat itu, ia berkompetisi di Sydney dan meraih medali perak dari kategori 48kg putri.

Tak hanya sampai di situ, Lisa kemudian lagi-lagi meraih medali Olimpiade. Di Olimpiade Athena 2004 dan Beijing 2008, ia menyabet medalu perak dan perunggu dari kategori 53kg.

Selain Olimpiade, Lisa juga punya koleksi medali perunggu dari Asian Games 2002 dan perak dari Kejuaraan Dunia 2006. Sementara itu di level Asia Tenggara, medali yang pernah didapatnya terdiri dari satu medali perunggu SEA Games 2003, yang disusul perak dan emas dari ajang yang sama pada 2005 dan 2009.

Kini meski Lisa telah tiada, deretan prestasi itu tetap menjadi kenangan membanggakan bagi Indonesia. Selamat jalan dan terima kasih, Lisa Rumbewas.

Mengenal Petanque, Olahraga yang Cocok untuk Semua Kalangan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini