Pesona Indah Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan

Pesona Indah Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan
info gambar utama

Salah satu destinasi wisata andalan dari Kabupaten Magetan yakni adalah wisata Telaga Sarangan. Telaga Sarangan sendiri adalah sebuah telaga yang terbentuk secara alami sejak dulu. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut menjadikan suasana dan suhu udara di Telaga Sarangan menjadi cukup dingin.

Ditambah dengan lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu, menjadikan udara dan hawa di sana sangat nyaman untuk melepas penat. Untuk sampai di Telaga Sarangan, kita harus menempuh jarak sekitar 16 kilometer ke arah barat dari pusat Kota Magetan.

Telaga Sarangan menyuguhkan keindahan air di dalamnya dan juga keindahan alam yang mengelilinginya. Sehingga selain nikmat secara visual, para pengunjung juga dapat merasakan segarnya udara dan aroma segar dengan indera penciuman.

Curug Cimarinjung, Pesona Alam yang Menakjubkan di Sukabumi

Udara pegunungan yang sejuk dan bersih membuat setiap napas terasa begitu menyegarkan. Suara gemericik air dan kicauan burung menjadi latar belakang harmonis yang mengiringi setiap langkah di sepanjang tepi Telaga Sarangan.

Para pengunjung sering kali memilih untuk duduk-duduk di bebatuan besar di pinggir telaga, menikmati ketenangan dan kedamaian yang ditawarkan oleh Telaga Sarangan. Seringkali dijumpai para pengunjung menikmati hidangan atau makanan mereka di samping telaga.

Beragam hidangan makanan yang dipilih dan disukai wisatawan seperti sate kelinci, bakso, nasi pecel dan beragam kuliner lainnya. Terdapat pula, fasilitas layanan jasa seperti kapal boat dan menaiki kuda.

Fasilitas kapal boat akan membawa para pengunjung untuk mengitari keindahan Telaga Sarangan melalui jalur air atau telaga itu sendiri. Untuk kapal boat sendiri memiliki tarif yang beragam, tergantung pada berapa kali lamannya mengitari Telaga Sarangan. Sedangkan untuk fasilitas naik kuda, para pengunjung akan diajak untuk mengelilingi Telaga Sarangan melalui jalur darat.

Taman Nasional Laut Bunaken Punya Keindahan Alam Bawah Laut yang Mempesona

Untuk masuk ke dalam wisata Telaga Sarangan, para pengunjung diharuskan membayar tiket masuk. Pemerintah Kabupaten Magetan mengatur harga tiket masuk Telaga Sarangan dalam Peraturan Bupati Magetan Nomor 55 Tahun 2017 tentang Tarif Restribusi Masuk Wisata Telaga Sarangan. Di bawah ini merupakan rincian harga tiket masuk Telaga Sarangan 2023:

  1. Dewasa: Rp20.000 / pengunjung.
  2. Anak-anak: Rp10.000 / pengunjung.
  3. Tiket masuk motor: Rp2.500 / motor.
  4. Tiket masuk mobil: Rp5.000 / mobil.
  5. Tiket masuk bus: Rp10.000 / bus.
  6. Parkir mobil: Rp5.000 / mobil.
  7. Parkir motor: Rp2.000 / motor.
  8. Parkir bus: Rp10.000 / bus.

Telaga Sarangan sering menjadi destinasti tempat tujuan berlibur baik di akhir pekan maupun di tanggal merah. Para pengunjung yang datangpun berasal dari macam-macam daerah seperti Magetan, Ponorogo, Madiun, Ngawi, kawasan Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan dan bahkan ada juga yang berasal dari luar negara Indonesia.

Wisatawan yang berasal dari luar negara Indonesia, dapat diartikan bahwa pesona Telaga Sarangan sudah terdengar sampai ke negara asalnya.

Para pengunjung yang datang dari tempat jauh, juga tak perlu khawatir akan waktu yang dihabiskan di Telaga Sarangan, pasalnya sudah terdapat banyak penginapan dan hotel yang telah tersedia di sepanjang kawasan Telaga Sarangan. Para pengunjung yang bermalam di Telaga Sarangan, akan disuguhkan pemandangan indah baik di sore, malam dan pagi hari.

Setiap sudut Telaga Sarangan seakan-akan menceritakan cerita sendiri, mengajak setiap pengunjung untuk dapat menikmati pesona alam yang begitu mempesona. Apakah saat matahari terbenam atau ketika kabut tipis menyelimuti telaga, keindahan Telaga Sarangan tetap abadi dalam kenangan setiap orang yang berkesempatan menjelajahinya.

Kuliner Khas Sulawesi Utara, Bukan Hanya Bubur Manado yang Jadi Primadona

Sumber:

  • https://unsplash.com/photos/aerial-view-of-green-trees-near-body-of-water-during-daytime-r7HBS8RaHzw
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230706102323-275-970078/telaga-sarangan-lokasi-aktivitas-dan-harga-tiket-masuk-2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

VD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini