Melawat ke Medan Zoo: Berdiri Sejak 1952 yang Kondisinya Makin Merana

Melawat ke Medan Zoo: Berdiri Sejak 1952 yang Kondisinya Makin Merana
info gambar utama

Medan Zoo menjadi sorotan masyarakat karena kondisi dan pengelolaannya yang mengkhawatirkan. Sejumlah video memperlihatkan keadaan sejumlah satwa yang tak terawat, seperti harimau dengan tubuh kurus.

Sepanjang 2023, sudah ada tiga harimau di Medan Zoo yang mati. Harimau pertama mati karena malnutrisi pada November 2023, ditambah seekor harimau benggala pada awal Desember, dan ketiga pada akhir Desember 2023.

Kota Medan, Antara Modernitas dan Keindahan Tradisional

Wali Kota Medan Bobby Nasution menjadi pihak yang dikecam karena kebijakannya mengenai Medan Zoo. Di tengah kecaman kepadanya, menantu Presiden Jokowi ini memutuskan untuk menutup Medan Zoo.

Tidak jelas sampai kapan penutupan itu akan dilakukan. Bobby hanya mengatakan penutupan ini dilakukan selama masa pembangunan. Walau besar kemungkinan Medan Zoo akan ditutup selama walikota masih dipimpin olehnya.

“Kita sudah sepakat, sudah menyampaikan kepada Ketua Pertimbangan Kebun Binatang Pak Rakhmat Shah, kita akan tutup itu,” kata Bobby.

Kebun binatang tua

Tentunya eksistensi, Medan Zoo sudah lama hadir di wilayah Sumatra Utara. Bahkan kebun binatang yang terletak di Jln Bunga Rampai Kelurahan Simalingkar ini sudah dibangun sejak 1952, hingga tercatat sebagai salah satu kebun binatang tertua di Indonesia.

Kebun binatang yang didirikan oleh Yayasan Kebun Binatang Medan ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat konservasi dan edukasi. Selain itu, direncanakan sebagai tempat tujuan wisata masyarakat Medan.

Sejarah Masjid Lama Gang Bengkok Kota Medan

Medan Zoo yang awalnya berada di Jl Brigjen Katamso, Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Medan Maimun kemudian pindah ke tempat sekarang pada 2005. Hal ini dikarenakan supaya Medan Zoo tetap menarik bagi wisatawan.

Ternyata Medan Zoo pada era itu memang menjadi salah satu kawasan favorit wisata keluarga. Apalagi Kebun Binatang Medan ini difungsikan sebagai hutan kota yang memberikan kesejukan di tengah-tengah kehidupan warga kota Medan.

Kelahiran harimau

Pemkot Medan sejak pemindahan lokasi selalu memberikan perhatian kepada Medan Zoo. Karena banyaknya wisatawan, bahkan dari luar kota Medan membuat pengelola kebun binatang saat itu menjadi bersemangat.

Bahkan di masa Walikota Rahudman Harahap, Medan Zoo mencatat prestasi dengan lahirnya sejumlah anak harimau sumatra dan anak orang utan. Tetapi hal ini tidak bisa dilanjutkan oleh penerusnya.

Sejarah Rumah Tjong A Fie dan Kisah Didalamnya

Bobby sendiri sempat mengundang Raffi Ahmad untuk melihat Medan Zoo pada Mei 2022 silam. Kepada wartawan, Bobby mengatakan Medan Zoo merupakan salah satu lokasi wisata yang dilirik Raffi Ahmad untuk pengembangan obyek wisata.

“Mohon doanya seluruh masyarakat, biar Medan Zoo ini bisa diperbaiki dan benar-benar menjadikan tempat wisata untuk dinikmati seluruh masyarakat Kota Medan,” ujar Bobby,

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini