Masjid Negara Dibangun di IKN, Representasi Kemajemukan Indonesia

Masjid Negara Dibangun di IKN, Representasi Kemajemukan Indonesia
info gambar utama

PT Hutama Karya (Persero) resmi memulai pembangunan Gedung dan Kawasan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (17/1/2024). Nilai kontrak proyek ini sebesar Rp940 miliar dan ditargetkan selesai pada akhir 2024.

Gedung serta Masjid Negara di IKN bakal berdiri di atas lahan seluas 3,2 hektare, bangunannya akan dikelilingi air dan menampilkan keindahan pada aristekturnya. Jokowi dalam sambutannya menerangkan, masjid ini memiliki daya tampung hingga 61.000 jemaah. Dia berharap, Masjid Negara di IKN dapat menjadi contoh pembangunan masjid di dunia sekaligus merepresentasikan kemajemukan Indonesia.

“Sebagai sarana meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Swt., menjadi tempat yang nyaman bagi umat muslim untuk melakukan aktivitas keagaman, serta simbol toleransi antaragama di IKN,” ucapnya.

Pemerintah Kembangkan Nusantara Green Pesantren di IKN, Apa Itu?

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, Masjid Negara di IKN dirancang sebagai green building, sehingga pengerjaannya bakal menggunakan material ramah lingkungan serta minim waste material. Proyek ini digarap Hutama Karya bersama PT Adhi Karya (Persero) Tbk., melalui kerja sama operasi (KSO). HK bakal mengerjakan struktur, arsitektur, MEP (Mechanical, Electrical and Plumbing), kawasan atau lanskap, bangunan penunjang, bangunan komersial, dan jembatan.

Dalam proses pembangunan, Tjahjo memperkirakan bahwa tim lapangan akan menghadapi banyak tantangan, salah satunya saat mengerjakan kubah masjid yang memiliki desain unik menyerupai sorban. Oleh sebab itu, teknik khusus diperlukan untuk memastikan bahwa hasil dan kualitas bangunan sesuai dengan rancangan awal. Di samping itu, proyek juga dapat selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Tim telah menyiapkan strategi penanganan di antaranya: rutin memonitor kualitas pekerjaan secara intensif dan periodik, penerapan teknologi Building Information Modelling (BIM) serta struktur pracetak agar pembangunan masjid selesai tepat waktu dan tepat mutu,” tutupnya.

Northern Illinois University Akan Bangun Kampus Pascasarjana di IKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini