Pemerintah Kembangkan Nusantara Green Pesantren di IKN, Apa Itu?

Pemerintah Kembangkan Nusantara Green Pesantren di IKN, Apa Itu?
info gambar utama

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diwarnai dengan program Nusantara Green Pesantren sebagai wujud dari visi Kota Hutan yang menyelaraskan pengembangan pesantren dengan prinsip berkelanjutan.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Ptorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Myrna Safitri mengatakan, Nusantara Green Pesantren merupakan kegiatan kolaborasi antara OIKN dengan Gerakan Sabuk Hijau Nusantara.

Adapun Gerakan Sabuk Hijau Nusantara adalah kolaborasi dari tiga lembaga, yaitu Katadata Green, situs aplikasi donasi Benih Baik, platform jejak karbon Jejakin, serta pihak Otorita IKN.

Sarana Pendukung Wisata dan Ekraf di IKN Tengah Dibangun, Kedepankan Konsep Ecotourism

Apa itu Nusantara Green Pesantren?

Nusantara Green Pesantren diluncurkan dengan aktivitas penanaman 10.000 pohon jenis kayu keras endemik Kalimantan dan buah produktif yang bisa dimanfaatkan masyarakat seperti durian, mangga, klengkeng, hingga rambutan.

Selain penanaman pohon yang akan dikembangkan menjadi agroforestri, program ini akan mengimplementasikan air wudhu dan rainwater harvesting, pemasangan panel surya, manajemen sampah bertanggung jawab, pertanian vertikal dan pekarangan ramah lingkungan.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Jumat (19/1), pemilik Pesantren Hidayatullah Pemaluan Basri berharap agar program Nusantara Green Pesantren terus dikembangkan pemerintah bersama dengan stakeholder sehingga lahan yang luas di IKN menjadi lebih produktif dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

Bagaimanapun, Ibu Kota Nusantara yang akan menjadi wajah baru Indonesia merupakan kawasan penting untuk dijaga kelestariannya. Dalam hal ini termasuk menyelaraskan tujuan IKN sebagai smart forest city yang berkelanjutan dan menjadi bagian dari pembangunan ekonomi hijau Indonesia.

Northern Illinois University akan Bangun Kampus Pascasarjana di IKN

Referensi:

CNBC Indonesia. Jokowi Bikin Nusantara Green Pesantren, Apa itu? https://www.cnbcindonesia.com/news/20240119185344-4-507406/jokowi-bikin-nusantara-green-pesantren-di-ikn-apa-itu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini