Curug Agung Galunggung, Wisata Air Terjun Warna-warni di Tasikmalaya

Curug Agung Galunggung, Wisata Air Terjun Warna-warni di Tasikmalaya
info gambar utama

Indonesia tidak pernah kehabisan objek wisata untuk ditawarkan kepada para pelancong. Sebuah air terjun atau curug di Tasikmalaya adalah salah satu destinasi wisata alam yang sangat unik karena bisa berubah warna. Seperti apa keindahannya?

Curug Agung Galunggung dikenal unik karena air terjun ini merupakan pertama di Indonesia yang bisa berganti warna dari hijau, biru, hingga merah. Perubahan warna pada air terjun ini dibantu oleh lampu LED. Akibatnya, curug setinggi 80 meter ini bisa dinikmati saat hari mulai gelap.

Berwisata ke Curug Agung Galunggung

Curug Agung Galunggung terletak di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Destinasi wisata ini berjarak 27 kilometer atau sekitar satu jam dari pusat kota Tasikmalaya. Pengunjung yang hendak menikmati keindahan air terjun warna-warni ini harus menyiapkan tiket seharga Rp15.000.

Untuk sampai di Curug Agung Galunggung, wisatawan harus menempuh perjalanan melewati jalan yang menanjak sekitar 10 menit. Kemudian, dilanjutkan dengan melewati tangga yang berjumlah sekitar 362 anak tangga. Namun, belum ada akses jalan menuju ke area bawah air terjun ini.

Fasilitas yang tersedia di Curug Agung Galunggung cukup memadai, ada toilet, mushola, dan warung-warung kecil. Keindahan Kota Tasikmalaya dari atas juga bisa dinikmati dari air terjun ini. Curug Agung Galunggung dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga jam 17.00 WIB setiap hari.

Curug Cikaso, Keindahan Air Terjun yang Berbalut Misteri Pesugihan

Rute menuju Curug Agung Galunggung

Untuk menuju Curug Agung Galunggung, masyarakat bisa masuk melalui pintu gerbang wisata Gunung Galunggung. Saat memasuki persimpangan, pilih arah ke kiri yang sedikit menanjak. Dari sana, akan terlihat poster bertuliskan Lokasi Wisata Air Terjun Curug Agung.

Akses menuju Curug Agung Galunggung dapat dilewati baik kendaraan roda dua maupun empat. Namun, diperlukan kehati-hatian karena topografi area wisata ini cukup curam dan menurun saat perjalanan pulang. Pengunjung juga dapat melipir ke spot wisata sekitar seperti Gardu Pandang, dan Kolam Air Panas.

Memperkenalkan Pesona Warna-warni Air Terjun Galunggung: Asli Tasikmalaya Euy!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini