Hari Pendidikan Internasional, Peran Pendidikan bagi Perdamaian Dunia dan Pembangunan Berkelanjutan

Hari Pendidikan Internasional, Peran Pendidikan bagi Perdamaian Dunia dan Pembangunan Berkelanjutan
info gambar utama

Setiap tanggal 24 Januari ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Internasional oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Hal ini sesuai dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada pasal 26 yang menyatakan bahwa pendidikan dasar bersifat gratis dan wajib bagi setiap anak di penjuru dunia.

Pendidikan juga berperan dalam pembangunan berkelanjutan. Sebabnya, setiap negara akan mampu mempunyai sumber daya manusia berkualitas dengan memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif, merata, serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi setiap manusia.

UNESCO mempunyai prinsip mengenai Masa Depan Pendidikan tahun 2050, yakni menjamin hak atas pendidikan berkualitas sepanjang hayat dan memperkuat pendidikan sebagai kepentingan umum.

UNICEF dan UNESCO Peringati Hari Pendidikan Internasional

Mengingat kondisi dunia yang sedang tidak baik-baik saja dengan berita mengenai peperangan dan genosida tak kunjung usai, United Nations Children’s Fund (UNICEF) dan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyelenggarakan beberapa acara secara daring atau online event sebagai berikut:

Global Partnership for Education (GPE)

GPE sebagai kemitraan pendanaan global terbesar yang berdedikasi pada transformasi pendidikan mengadakan online event dalam memperingati Hari Pendidikan Internasional.

Kemitraan multi-stakeholder yang dinaungi langsung oleh UNICEF ini mengajak para penonton untuk mengamati hubungan penting antara pendidikan dan perdamaian. Penekanannya adalah dengan bagaimana pendidikan mempunyai peran ganda dengan potensi mengurangi kesenjangan global, mendorong kemajuan ekonomi, dan membangun dunia lebih damai dan stabil.

Optimisme Anak Muda Indonesia 2023: Pendidikan Terdepan, Tantangan Politik Perlu Perhatian
GPE International Education Day Event © GPE
info gambar

Dipandu oleh Heela Yoon sebagai Ketua Pemuda GPE sekaligus aktivis perdamaian dan pendidikan berbasis Inggris yang akan berdiskusi bersama CEO GPE, Laura Frigenti dan Direktur Eksekutif Education Cannot Wait, Yasmine Sherif.

Peringatan Hari Pendidikan Internasional yang bertajuk “Raise Your Hand” diselenggarakan tanggal 24 Januari 2024 pukul 09.30 EST (Eastern Standard Time atau Waktu Standar Timur) atau pukul 21.30 WIB secara Live pada laman Youtube GPE. Berikut link Youtube GPE.

LearningPlanet Alliance

LearningPlanet Alliance yang didirikan oleh UNESCO bersama Learning Planet Institute sebagai komunitas praktik global mendedikasikan untuk transformasi pendidikan dan pembangunan bersama masyarakat. Aliansi yang terbentuk pada tahun 2019 mempertemukan para pemuka kepentingan pada bidang pendidikan mulai dari LSM, pemimpin daerah, pengajar tingkat dasar hingga tinggi, pelajar aktivis, seniman, dan gerakan para pemuda. Tujuannya adalah untuk saling belajar, mengajar, melakukan penelitian, membuka ruang diskusi, dan berkolaborasi satu sama lain.

LearningPlanet Festival © Dokumentasi Pribadi 2024
info gambar
Diplomasi Indonesia Aktif Perjuangkan Pendidikan Perempuan di Afghanistan

Hari Pendidikan Internasional tahun ini diperingati secara meriah dengan adanya LearningPlanet Festival bertemakan “Learning to take care of oneself, others and the planet”. Acara tersebut diselenggarakan secara daring (online event) mulai tanggal 24 hingga 27 Januari 2024 pukul 15.00 hingga 18.00 CET (Central European Time atau Waktu Eropa Tengah) atau pukul 21.00 hingga 00.00 WIB melalui Zoom.

Mengingat perbedaan waktu dan diselenggarakan hingga larut malam di Indonesia, para peserta bisa memilih subtopik acara yang ingin disimak maupun mengikuti debat berlangsung dilanjutkan. Caranya sangat mudah, hanya dengan menekan “Join the Event” dan layar akan menampilkan formulir registrasi.

Acara daring ini tidak dipungut biaya dengan mengundang pembicara dan para pakar pendidikan, sosial, maupun pembangunan berkelanjutan. Info lebih selengkapnya dapat mengakses laman https://www.learning-planet.org/learningplanet-festival/.

Registrasi Berhasil © Dokumentasi Pribadi 2024
info gambar

Pendidikan berperan fundamental pada berbagai aspek, terlebih bertujuan untuk menyamaratakan pendidikan di pelosok dunia, mewujudkan perdamaian bagi dunia, mendorong pembangunan berkelanjutan, dan meningkatkan kualitas pendidikan bagi setiap negara.

Oleh karena itu, mari dukung program pendidikan dengan memahami dan memperdalam ilmu secara personal serta berdiskusi bersama para pakar seputar pendidikan. Dengan demikian, kita bisa bersama mewujudkan perdamaian kesejahteraan dunia.

Safe School Movement Menuju Satuan Pendidikan Aman Bencana

Referensi:

  • https://indonesia.un.org/id/257128-hari-pendidikan-internasional-24-januari
  • https://www.unesco.org/en/international-day-education
  • https://www.un.org/en/observances/education-day

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NU
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini