Memorial Park IKN Mulai Dibangun, Penghormatan Bagi Pahlawan Bangsa

Memorial Park IKN Mulai Dibangun, Penghormatan Bagi Pahlawan Bangsa
info gambar utama

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah melakukan upacara peletakan batu pertama untuk memulai pembangunan Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada tanggal 17 Januari 2024.

Dalam pidatonya, Jokowi menekankan bila kemerdekaan Indonesia adalah hasil pengorbanan pahlawan dan pejuang bangsa. Memorial Park ini diharapkan menjadi wujud penghormatan kita kepada mereka, termasuk para pendiri bangsa yang dengan gigih memerdekakan Indonesia serta rakyat yang berkontribusi.

Pembangunan Memorial Park ini akan terhubung erat dengan kawasan Beranda Nusantara, menjadi pusat pandangan utama di IKN yang dapat memikat perhatian masyarakat dan tamu negara yang mengunjungi IKN.

Selain itu, fasilitas-fasilitas di Memorial Park akan melengkapi infrastruktur yang telah dibangun di IKN, termasuk persiapan untuk upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus 2024.

"Sekali lagi, tempat ini akan selalu mengingatkan rakyat Indonesia, mengingatkan kita semuanya pada jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia," ujar Presiden Jokowi dikutip dari keterangan resmi.

Pemerintah Kembangkan Nusantara Green Pesantren di IKN, Apa Itu?

Konsep "pecah telur"

Diana Kusumastuti selaku Direktur Jenderal Cipta Karya, menyatakan bahwa Memorial Park IKN akan diwujudkan dalam konsep monumental yang menggambarkan simbolisasi "pecahnya telur.

Konsep ini mewakili perjuangan panjang yang menghasilkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia di bawah kepemimpinan pahlawan proklamator, Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Mohammad Hatta.

“Sosok Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Mohammad Hatta diwujudkan dalam patung dengan cangkang telur dan burung garuda setinggi 18 meter yang mengisahkan tentang semangat dan pemikiran beliau dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia,” kata Diana.

Memorial Park IKN dikerjakan oleh Nindya Karya - Penta KSO dengan dana sebesar Rp361 miliar dan direncanakan selesai pada Desember 2024.

Luas area Memorial Park mencapai 2.034,00 m2, terdiri dari altar seluas 1.690 m2, akses tangga seluas 344 m2, dan dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lanskap. Proyek ini terintegrasi dengan Kawasan Plaza Sipil dan Beranda Nusantara seluas 12 hektare, memanfaatkan titik tertinggi kedua di KIPP IKN setelah Istana Presiden.

Di kawasan Beranda Nusantara, selain Memorial Park, rencananya akan dibangun Bukit Bendera, Museum Peradaban, dan bangunan Beranda Nusantara. Semua ini akan terhubung dengan forest trail yang mengusung konsep keberagaman wilayah Indonesia. Proyek ini menciptakan ruang yang merangkul elemen-elemen kultural dan alam untuk memberikan pengalaman yang mendalam bagi pengunjung.

Sederet Raksasa Teknologi Dunia Siap Wujudkan IKN Smart City

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini