Mengenal Capsule Wardrobe dan Manfaatnya bagi Keseharian dan Lingkungan

Mengenal Capsule Wardrobe dan Manfaatnya bagi Keseharian dan Lingkungan
info gambar utama

Langkah kecil yang dapat diambil untuk menjadi bagian dari gerakan ramah lingkungan adalah meminimalisir penumpukan barang yang tidak terpakai, terutama pakaian. Seperti yang kita ketahui, pakaian yang menumpuk bisa menjadi sampah yang sulit terurai dan mencemari lingkungan. Menyortir pakaian inti di lemari adalah gerakan kecil yang memiliki dampak besar pada bumi di masa depan.

Saat memilih baju yang akan dipakai sebelum keluar rumah, beberapa dari kita sering bingung menentukan pilihan mulai dari atasan yang cocok dengan celana model tertentu hingga aksesoris seperti tas dan sepatu yang akan melengkapi tampilan secara keseluruhan. Seringkali, opsi yang ada terlihat sangat sedikit, padahal Kawan rutin berbelanja pakaian. Namun berakhir tidak terpakai karena kurang cocok dan sulit dipadankan dengan barang lainnya di lemari.

Untuk mengatasi problem ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mulai membuat capsule wardrobe, yaitu koleksi pakaian yang dapat dipadankan satu sama lain hingga menghasilkan lebih dari satu outfit yang berbeda. Hal ini dapat berupa sejumlah atasan, celana jeans, celana dengan simple cut, hingga jaket. Kriteria untuk mengkombinasikan pakaian ini adalah memilih basic items seperti kemeja putih, celana panjang, kaos dan jeans. Kemudian, kamu dapat kolaborasikan dengan pakaian yang sedang on trend untuk menghindari rasa bosan.

Makna Pakaian Adat : Lokegh-Lokegh Nagari Sungayang

Tentukan Personal Style

Cara paling tepat mengetahui gaya yang menjadi ciri khas adalah dengan membuat daftar pakaian apa yang paling nyaman dipakai dan membuat Kawan lebih percaya diri. Untuk memudahkan proses penyortiran dan agar pakaian tidak menumpuk, barang yang tidak masuk kategori bisa didonasikan atau dijual.

Setelah menyortir pakaian, sekarang Kawan lebih mudah mengaudit gaya apa yang paling cocok, warna yang paling sering dipilih, hingga bahan pakaian yang berkualitas sehingga paling nyaman dipakai sehari-hari.

Memilih pakaian dengan bahan yang berkualitas tentu saja memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, bahan yang nyaman akan menghindari kulit dari iritasi yang berdampak pada kesehatan. Beberapa jenis bahan pakaian yang dapat Kawan pilih yaitu katun organik, linen, lyocell, dan wol.

Berkreasi dengan Padu Padan Outfit

Setelah memilih beberapa pakaian yang sesuai kriteria, sekarang Kawan bisa memasangkannya satu sama lain. Untuk ke kantor misalnya, Kawan bisa mengkombinasikan kemeja berwarna netral dengan celana formal atau jeans untuk dress code yang smart casual. Sedangkan untuk tampilan santai di akhir pekan, kamu bisa memilih kaos yang dikombinasikan dengan luaran seperti cardigan.

Membuat capsule wardrobe bukan berarti kamu tidak bisa berbelanja baju dengan trend terbaru. Kawan bisa memadupadankan pakaian basic seperti kemeja dan kaos dengan sepatu atau jaket yang lebih up-to-date.

Untuk acara tertentu, Kawan tetap bisa memilih pakaian dengan warna dan motif berbeda dari keseharian agar tampilan tidak monoton. Bagi yang masih bingung berkreasi dengan pakaian di lemari, kamu bisa mencari inspirasi dari digital creator yang disukai.

Belanja Pakaian di Jajaran Toko Kios-Kios Mobil di Pasar Tasik Cideng

Lebih Bijak dalam Berbelanja Pakaian

Kebiasaan kecil ini akan sulit dan membingungkan di awal. Namun, seiring berjalannya waktu, Kawan akan terbiasa untuk lebih bijak dalam berbelanja sehingga meminimalisir pakaian yang tidak terpakai di lemari. Dengan membiasakan diri memilah pakaian yang sesuai dengan personal style, memiliki ukuran yang pas dengan kualitas yang baik, maka Kawan akan terhindar dari stress dalam rutinitas berpakaian sehari-hari.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini