Wujudkan Smart City di IKN, Indonesia Gandeng Finlandia untuk Pengembangannya

Wujudkan Smart City di IKN, Indonesia Gandeng Finlandia untuk Pengembangannya
info gambar utama

Demi mewujudkan smart forest city, Indonesia sedang mengembangkan sistem untuk mengoperasikan semua infrastruktur yang dibangun di IKN dalam satu command center agar pelayanannya terintegrasi dan optimal. Dalam mewujudkan hal ini, Indonesia menggandeng finladia agar dapat membantu dalam pengembangan sistemnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Menteri Perekonomian Finlandia Wille Rydman beserta para perwakilan dari 19 perusahaan asal Finlandia di Kantor Kementerian PUPR, Senin (29/1/2024).

Pertemuan ini diadakan dalam rangka membahas potensi kerja sama dengan perusahaan-perusahaan asal Finlandia dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), khususnya terkait pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan, demi mewujudkan visi IKN sebagai smart forest city.

Saat ini, sudah terdapat kurator serta beberapa tenaga ahli yang turut mendukung pelaksanaan perwujudan hal ini. Tugasnya adalah untuk melakukan evaluasi serta pengawasan untuk setiap tahap pembangunan infrastruktur yang berjalan di IKN. Selain itu, pemerintah juga menargetkan bila Finlandia setidaknya mengirimkan satu orang tenaga ahli untuk mendukung pengawasannya.

“Kami harap Finlandia juga dapat mengirimkan setidaknya satu orang tenaga ahli,” ujarnya sebagaimana dikutip dari keterangan resmi.

Masjid Negara Dibangun di IKN, Representasi Kemajemukan Indonesia

Berkomitmen bersama mewujudkan digitalisasi kota

Menteri Perekonomian Finlandia Wille Rydman menyampaikan sebanyak total 50 perusahaan terkemuka dari Finlandia melihat potensi besar pada pembangunan IKN dan tertarik untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam pengembangan smart city di IKN.

Pemilihan Finlandia sebagai negara partner untuk bekerja sama memiliki alasan tersendiri. Sebab, Finlandia merupakan salah satu negara yang digitalisasi kotanya sudah sangat maju untuk saat ini. Sehingga, harapannya kerja sama ini bisa mendorong Indonesia dalam mewujudkan penerapan smart city di IKN.

“Sebagai salah satu negara yang paling terdigitalisasi, kami yakin Finlandia memiliki keahlian yang diperlukan oleh Indonesia dalam pembangunan smart city ini," kata Wille Rydman.

Selain itu, Wille Rydman juga memastikan bila semua yang tergabung dalam Team Finland ini memiliki komitmen penuh dan siap untuk bekerja sama sebagai satu tim dengan Indonesia dalam dalam mewujudkan pembangunan smart city IKN ini.

Kantongi 350 LoI, RI Targetkan Investasi IKN Rp100 Triliun pada 2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini