Tips Jitu Atur Resolusi Tahun Baru dengan Metode SMART

Tips Jitu Atur Resolusi Tahun Baru dengan Metode SMART
info gambar utama

Pergantian tahun sudah dimulai, tapi masih belum tahu cara membuat reolusi yang efektif? Di sini, kita akan belajar bersama untuk mengatur goals agar resolusi tahun ini bisa tercapai. Membuat resolusi memang gampang-gampang susah. Namun, yang terpenting tetap dilakukan untuk mencapai target tujuan yang ingin diraih. Jika resolusi tahun lalu gagal, jangan khawatir, sebab masih ada tahun ini untuk membuat resolusi yang anti gagal.

Untuk itu, yuk, Simak tips SMART berikut!

Ada 5 tips yang bisa Kawan GNFI lakukan untuk membuat resolusi anti wacana, yaitu dengan menggunakan metode SMART yang merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time Bound.

Metode tersebut pertama kali diusungkan oleh George T. Doran pada tahun 1981. Doran menerapkannya pada dunia bisnis untuk mempermudah dalam menetapkan target. Metode yang dibuat oleh George T. Doran tersebut tentunya bisa diaplikasikan pada rencana yang ingin Kawan GNFI buat. Untuk lebih jelasnya kita akan bahas satu persatu metode SMART ini!

5 Contoh Resolusi Tahun Baru yang Bisa Kamu Tiru, Inspiratif Banget!

Specific

Buatkah tujuan yang spesifik, artinya membuat resolusi yang jelas dan rinci. Misalnya, jika goals Kawan GNFI ingin lancar speaking inEnglish dalam waktu satu bulan, maka buat batasan waktunya. Caranya seperti berlatih speaking minimal 30 menit dalam sehari. Ini bisa dilakukan dengan rutin agar nantinya goals Kawan GNFI bisa tercapai.

Measurable

Menetapkan goals yang dapat diukur prosesnya. Jika tujuan Kawan GNFI ingin lancar bahasa Inggris, pastikan bahwa goals tersebut itu mampu untuk diukur.

Lakukan dengan cara evaluasi dari kegiatan yang dilakukan. Kamu bisa mengukurnya dengan seberapa banyak kosakata yang sudah Kawan miliki atau seberapa lancar kamu berbicara bahasa Inggris.

Achievable

Pastikan tujuan yang Kawan GNFI buat harus realistis, artinya harus mampu untuk mencapai goals tersebut. Sebagai contoh, jika tujuan Kawan GNFI lancar bahasa Inggris, pastikan bahwa Kawan memiliki waktu dan fasilitas yang memadai.

Terkadang untuk mengejar target agar goals dapat tercapai, Kawan menjadi ambisius sehingga goals yang ditetapkan tidak realistis. Pada akhirnya, itu bisa membuat Kawan GNFI menjadi kecewa karena tujuan tersebut tidak tercapai.

Pastikan juga bahwa Kawan GNFI memiliki akses yang diperlukan, seperti buku, tutor, atau kursus online. Hal tersebut bisa didaptakan secara mudah di internet, di mana informasi bisa berkembang dengan begitu pesat hingga saat ini.

Tambang Baru Bara Bawah Tanah Pertama di Indonesia Diresmikan, Tahan Hingga 15 Tahun

Relevant

Relevant di sini artinya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Kawan GNFI. Contohnya, jika goals Kawan GNFI tadi ingin lancar berbahasa asing karena tuntutan kebutuhan dalam pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri, sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan.

Time Bound

Goals yang dibuat oleh Kawan GNFI harus memiliki tenggat waktu yang jelas. Misalnya, kamu ingin lancar speaking inEnglish dalam waktu satu bulan. Batasan waktu ini menjadi tolak ukur Kawan untuk mencapai target yang diinginkan. Dengan demikian, Kawan GNFI juga bisa fokus dan termotivasi untuk mengejar impian yang sudah di-set tersebut.

Dengan menerapkan metode SMART ini, Kawan GNFI bisa merencanakan resolusi yang lebih efektif agar resolusimu ini bisa tercapai dan antigagal. Namun perlu diingat, setiap proses yang ingin Kawan GNFI tuju terkadang tidaklah semulus yang dibayangkan, pasti akan ada tantangan dan hambatan yang mau tidak mau akan dihadapi. Namun, jangan khawatir, kamu hanya perlu yakin bahwa hal tersebut pasti bisa untuk melewatinya.

Tantangan Demografi Dorong Singapura Naikkan Pajak Penjualan menjadi 9% Mulai Tahun Baru

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini