Berburu Diskon Setelah "Nyoblos" Lewat Klingking Fun di Pemilu 2024

Berburu Diskon Setelah "Nyoblos" Lewat Klingking Fun di Pemilu 2024
info gambar utama

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengeluarkan jurus promo guna meningkatkan minat masyarakat berpartisipasi dalam Pemilu 2024. Acara yang bertajuk “Klingking Fun: Pesta Diskon, Anti-Golput” ini digelar serentak pada 14 Februari 2024 di berbagai restoran, hotel, hingga tempat-tempat rekreasi.

Klingking Fun adalah program kerja sama antara Apindo, Hippindo (Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia), dan APPBI (Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia) untuk menawarkan diskon bagi masyarakat, dengan syarat menunjukkan tinta di jari setelah menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua Umum Apindo Shinta Kamdani mengatakan, Klingking Fun merupakan pesta diskon kali kedua yang diadakan setelah sebelumnya pada 2019 lalu. Acara ini sekaligus menunjukkan komitmen Apindo dalam mendukung pemilu dengan mendorong partisipasi masyarakat untuk tidak golput.

“Acara ikonik Klingking Fun dapat menjadi ajang untuk meredam ketegangan politik karena pemilu dan sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang telah mengikuti proses demokrasi. Kami juga berharap acara ini dapat meningkatkan okupansi kunjungan konsumen ke pusat belanja dan meningkatkan omzet pengusaha,” kata Shinta.

Baca juga Mengenal Sirekap, Alat Bantu Hitung Pemungutan Suara Pemilu 2024

Tingkatkan angka transaksi

Selain untuk menekan angka pemilih golput yang mencapai 18 persen dari jumlah pemilih, Shinta juga mengklaim Klingking Fun efektif meningkatkan angka transaksi masyarakat di pusat-pusat perbelanjaan hingga 3–10 kali lipat saat pemilu. Terlebih lagi cara untuk mendapatkan diskon ini terbilang sangat mudah.

“Dengan tintanya itu seseorang bisa ke mal-mal, berbelanja, dan mendapatkan diskon khusus. Lima tahun yang lalu, kita bisa lihat angka penjualan itu meningkat signifikan sekali, bisa sampai 3-10 kali lipat. Jadi, selain menurunkan angka golput, kita juga bisa meningkatkan angka transaksi belanja saat pemilu,” ujar Shinta.

Menurutnya, selama ini pusat perbelanjaan telah memiliki program masing-masing untuk mendukung kesuksesan pemilu, tetapi belum terintegrasi dengan pemangku kepentingan. Kemudian mulai Pemilu 2024, Apindo mengkoordinasikan pusat perbelanjaan dalam program Klingking Fun bersama dengan Hippindo.

Sejalan dengan itu, Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja menilai dengan bergabungnya berbagai pemangku kepentingan dalam program ini, diharapkan agar Klingking Fun mampu menjadi program besar yang kuat, dan satu-satunya dari industri usaha ritel Indonesia dalam mendukung kesuksesan Pemilu 2024.

Baca juga Pemilu RI Bisa Jadi Contoh Bagi 8 Negara G20, Apa Syaratnya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini