Pengertian, Fungsi dan Bentuk Diagram

Pengertian, Fungsi dan Bentuk Diagram
info gambar utama

Diagram adalah salah satu alat visual yang digunakan untuk menyajikan informasi secara grafis. Diagram digunakan dalam berbagai bidang dan jadi sarana yang cukup penting untuk memperjelas konsep, menyampaikan data hingga menggambarkan hubungan antar unsur.

Diagram memiliki banyak ragam dan jenisnya. Sebelum mengetahui jenis-jenis diagram, yuk cari tau apa itu diagram dari definisi dan fungsinya!

Apa itu Diagram?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Diagram adalah gambaran (buram, sketsa) untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Definisi lainnya yaitu, sebuah representasi visual dari data atau informasi, yang bertujuan untuk memudahkan pemahaman dan analisis dari sebuah informasi. Dengan menggunakan simbol-simbol grafis seperti garis, titik, atau bentuk-bentuk lainnya, diagram tentu dapat menyajikan informasi secara lebih jelas, efisien dan mudah dimengerti.

Apa Fungsi Diagram?

Setelah memahami definisi, Kawan juga dapat memahami fungsi utama dari diagram itu sendiri. Fungsi utama dari diagram yaitu untuk menyajikan data atau informasi secara visual agar mudah dipahami. Berikut adalah beberapa fungsi diagram antara lain:

  • Memperjelas Konsep
    Diagram sangat membantu dalam menjelaskan konsep-konsep yang kompleks dengan cara yang lebih sederhana dan mudah dimengerti.
  • Menggambarkan Hubungan
    Diagram tentu akan memungkinkan untuk menunjukkan hubungan antara berbagai variabel atau elemen yang ada di dalamnya.
  • Membantu Analisis
    Dengan melihat data dalam bentuk diagram membuat sebuah analisis dan interpretasi data akan menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Komunikasi
    Diagram juga berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada orang lain yang membaca dan membutuhkannya secara lebih efektif.

Bentuk-Bentuk Diagram

Ada berbagai bentuk diagram yang dapa digunakan oleh Kawan nih, tergantung pada jenis data dan tujuan penggunaannya ya tapi! Berikut adalah beberapa bentuk diagram yang paling umum digunakan:

Diagram Batang

Diagram batang atau bar chart adalah diagram yang cukup populer dan sering digunakan untuk visualisasi data. Sesuai dengan namanya, diagram ini menggunakan batang-batang vertikal atau horizontal untuk membandingkan jumlah atau nilai antara kategori yang berbeda pada sebuah data.

Diagram Alir (Flowchart)

Diagram alir atau yang sering disebut dengan flowchart adalah representasi visual dari urutan langkah-langkah atau proses-proses dalam suatu sistem atau algoritma yang divisualisasikan dan diurutkan dengan panah.

Diagram Garis

Diagram garis adalah diagram yang menggunakan garis-garis untuk menunjukkan perubahan nilai atau jumlah suatu variabel sepanjang waktu atau kategori lainnya. Dalam diagram garis akan ada sumbu datar dan sumbu tegak yang akan berpotongan secara tegak lurus.

Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran atau sering dikenal dengan pie chart merupakan diagram yang visualisasinya dilakukan dengan membagi data menjadi bagian-bagian yang proporsional terhadap keseluruhan serta akan digambarkan dalam bentuk lingkaran.

Diagram Fishbone

Diagram fishbone atau yang dikenal diagram tulang ikan (Ishikawa) adalah diagram yang digunakan untuk menganalisis akar penyebab suatu masalah dengan memvisualisasikan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Contoh Fishbone Diagram
info gambar

Tak hanya kelima diagram di atas, ada masih banyak lagi jenis diagram lainnya yang juga cukuo sering digunakan seperti diagram histogram, diagram Pareto, diagram Venn, dan lain sebagainya. Tentu dengan kegunaan dan sesuai dengan karakteristiknya sendiri.

Manfaat Diagram

Diagram merupakan alat yang sangat berguna dalam menyajikan informasi secara visual dan juga dapat membantu dalam mempermudah pemahaman, analisis, dan komunikasi data. Dengan memahami pengertian, fungsi, serta berbagai bentuk diagram yang ada, Kawan dapat menggunakan diagram secara efektif dalam berbagai konteks dan bidang. Semakin luas pengetahuan tentang diagram, semakin baik pula kemampuan Kawan dalam memanfaatkannya untuk kepentingan berbagai keperluan.

Referensi Artikel:
https://www.liputan6.com/hot/read/4711581/macam-macam-diagram-pengertian-fungsi-dan-kelebihannya?page=7
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/diagram
https://id.wikipedia.org/wiki/Bagan_alir
https://www.detik.com/jabar/berita/d-6189115/pengertian-diagram-garis-beserta-contoh-dan-cara-membuatnya
https://katadata.co.id/agung/lifestyle/6493e9c095a20/menilik-contoh-penggunaan-diagram-lingkaran-serta-jenis-dan-rumusnya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini