TPS Unik di Pemilu 2024, Ada Tempo Dulu sampai Kuli Proyek!

TPS Unik di Pemilu 2024, Ada Tempo Dulu sampai Kuli Proyek!
info gambar utama

Pemilu 2024 yang dilaksanakan tanggal 14 Februari akhirnya tiba. Masyarakat di berbagai daerah punya cara unik tersendiri untuk memeriahkan pesta demokrasi ini, salah satunya menghias tempat pemungutan suara (TPS) dengan berbagai tema.

TPS dengan tema-tema unik seperti telah menjadi tradisi di Indonesia. Para petugas TPS berharap agar dekorasi yang ciamik bisa membuat warga semakin bersemangat mencoblos. Seperti apa keunikannya? Berikut ini ulasannya.

TPS Masuk Rumah

Video viral di TikTok yang dibagikan oleh akun @fitrianurrr pada Selasa (13/2), memperlihatkan TPS berada di dalam rumah. Semua kotak dan bilik suara tertata dengan rapi di ruang tamu.

“Tangi turu kok enek ramean, tak kiro nyapo, jebul omahku dadi TPS bolo. (Bangun tidur kok ada ramai-ramai, aku kira kenapa, ternyata rumahku jadi TPS),” tulis pemilik akun dalam video.

Walhasil, TPS yang berlokasi di Dukuh Pojok, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Winong, Pati Jawa Tengah ini mencuri perhatian warganet. Tak sedikit di antara mereka justru salah fokus dengan suasana rumah yang tampak asri dan desainnya yang jadul tersebut.

Valentine, Pemilih Dapat Coklat

TPS Pemilu 2024
info gambar

Tanggal 14 Februari juga bertepatan dengan perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine. TPS 21 di Jalan Mayor Santoso, Kecamatan Ilir Timur (IT) I, Palembang tak mau ketinggalan menghias tempat pencoblosan dengan dekorasi serba warna pink.

Bukan itu saja, warga yang sudah melakukan pencoblosan akan diberi coklat dan doorprize. TPS bertema Valentine ini tampak meriah dengan dekorasi balon bentuk love. Para petugas juga kompak mengenakan baju berwarna pink.

Baca juga Ramai soal Exit Poll dan Quick Count, Apa Bedanya?

Semangat “Pedjoang Demokrasi”

TPS di Cendana Residence, Pondok Benda, Tangerang Selatan, mengusung tema “Pedjoang Demokrasi” pada Pemilu kali ini. Sebanyak sembilan petugas KPPS juga menggunakan seragam bergaya Pejuang Tanah Air (PETA).

Bersumber dari Kompas.com, semangat perjuangan itu dipilih karena menurut mereka, peran para pahlawan sangat penting dalam memerdekakan Indonesia. TPS dengan konsep tempo dulu ini berhasil menarik perhatian warga.

Para petugas menyiapkan dekorasi plang TPS, bilik suara dari anyaman bambu, poster pahlawan, alunan musik nasional, hingga souvenir. Kebutuhan dekorasi ini pun didapatkan dari kocek pribadi karena anggaran KPU hanya untuk pemasangan tenda.

Proyek Pembangunan dari Gen Z

TPS Pemilu 2024
info gambar

Tak kalah unik dari yang lain, TPS 259 di Bekasi berhias pernak pernik seputar pekerjaan proyek. Mulai dari garis kuning dan hitam safety line, rambu-rambu proyek konstruksi, hingga road barrier atau pembatas jalan.

Dalam video unggahan akun TikTok @hail_dhiggy, terlihat petugas KPPS kompak mengenakan seragam khas berwarna merah dan putih, lengkap dengan helm proyek berwarna putih. Ada pula photo booth bagi warga sekitar yang ingin berfoto setelah mencoblos.

TPS bertema proyek ini lantas mengundang gelak tawa dan respons positif dari netizen. “WKWK KENAPA LUCU BANGET PAKE KONSEP,” tulis akun @freesyzia di kolom komentar. Sang pengunggah video pun mengungkapkan bahwa petugas KPPS di TPS ini adalah Gen Z.

Baca juga TNI Terjunkan Kapal Perang-Patroli Kirim Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

Referensi:

Kompas.com. TPS Unik di Pamulang Tangsel Bertema Pejuang Demokrasi, Ada Photo Booth dan Suvenir. https://megapolitan.kompas.com/read/2024/02/14/11344601/tps-unik-di-pamulang-tangsel-bertema-pejuang-demokrasi-ada-photobooth-dan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini