Mengintip Profesi Room Attendant di Hotel, Kamu Tertarik?

Mengintip Profesi Room Attendant di Hotel, Kamu Tertarik?
info gambar utama

Kawan GNFI, apakah di sini ada yang pernah mendengar tentang profesi menjadi seorang room attendant? Dilansir dari situs Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, room attendant berada dalam departemen Housekeeping, yang mana bertanggung jawab dalam kebersihan kamar, kerapihan, dan kelengkapan kamar hotel sebelum digunakan oleh para tamu.

Nah, dalam hal ini, penulis sedang berkesempatan menjadi mahasiswa training di Hotel Grandhika Iskandarsyah, Jakarta sebagai room attendant. Bagi Kawan GNFI yang berkeinginan atau tertarik dengan keseharian yang dijalani seorang room attendant, simak pengalaman di bawah ini, ya!

Waktu pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Hotel Grandhika Iskandarsyah dilakukan selama 6 bulan, lebih tepatnya pada 31 Juli 2023—31 Juli 2024. Adapun jam kerja akan dimulai pada pukul 08.00—17.00 WIB.

Jadwal Praktik Kerja Lapangan untuk Departemen Operasional (Housekeeping) menyesuaikan dengan occupancy hotel, yaitu 5/6 hari masuk kerja dan libur 2/1 hari. Sedangkan untuk Departemen Back Office (Finance) 5 hari masuk dan 2 hari libur, yaitu pada saat weekend (Sabtu dan Minggu).

Pada saat kegiatan Praktik Kerja Lapangan, penulis ditempatkan pada Departemen Operasional. Deskripsi pekerjaan staff yang ditempatkan di Departemen Operasional yang dimaksud di sini adalah Housekeeping.

Kamar Bung Karno di Hotel Grand Inna Bali Bakal Disewakan, Tertarik Menginap?

Apa itu Housekeeping?

Housekeeping merupakan suatu departemen yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan kondisi kamar hotel dan lingkungan sekitar hotel terjaga kebersihan dan kerapihannya. Cakupan kerjanya meliputi area publik, kamar, laundry & linen, dan garden.

Ketika menginap di hotel, para kru bertugas akan membersihkan kamar serta melayani kebutuhan tamu atau pengunjung selama menginap di hotel.

Nah, saat PKL industri ini berlangsung, penulis ditempatkan sebagai room attendant section.

Room Attendant adalah posisi sebagai bagian dari Departemen Housekeeping yang bertanggung jawab dalam kebersihan kamar, memperhatikan kerapihan, dan kelengkapan kamar sebelum digunakan oleh tamu hotel.

Tempat tidur di kamar hotel merupakan “center point” yang menjadi titik paling kritis dalam sebuah penataan kamar hotel. Hal ini dikarenakan perhatian tamu hotel akan tertuju pada tempat beristirahatnya itu saat pertama kali memasuki ruangan. Dengan demikian, diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam penataannya.

Langkah Penting Pembersihan Kamar sebagai Room Attendant

Sebelum melakukan pembersihan kamar, room attendant biasanya akan mempersiapkan poin-poin ini:

a. Melapor ke housekeeping office dengan mengabsen daftar hadir (attendance record) pada kolom Time In.

b. Mengambil room asignment sheet atau yang disebut sebagai daftar kamar–kamar yang perlu dibersihkan oleh room attendant. Daftar tersebut telah disiapkan oleh floor supervisor untuk mengontrol pembagian tim dalam pembersihan semua kamar di hotel.

c. Mengambil kunci kamar (master key) sesuai daftar kamar pada room assignment sheet. Selanjutnya adalah menandatanganan “Key Log Book” pada kolom Key Out.

d. Mengikuti “Morning briefing” yang dipimpin oleh supervisor untuk memperoleh info terkait kegiatan hotel.

e. Room attendant pergi ke section masing–masing dan mempersiapkan trolley dengan perlengkapan yang dibutuhkan.

f. Selanjutnya, kru akan mengecek semua kamar untuk memastikan stastus kamar sesuai dari sistem komputer dengan status fisik. Di samping itu, hal ini bertujuan untuk memeriksa laundry tamu dan kamar yang bertanda “SERVICE dan DND” dan sebagai laporan untuk room discrepancy.

g. Hasil pemeriksaan fisik akan disampaikan kepada floor supervisor sebagai laporan morning housekeepingreport sesudah dihimpun dari semua room attendant yang bekerja.

h. Room attendant siap melakukan pembersihan kamar. Umumnya, kegiatan ini akan di mulai dari kamar–kamar bertanda “Make Up Room”.

Pito Rooms di Salatiga, Hotel Teramping Kedua di Dunia yang Ada di Jawa Tengah

Pengalaman PKL sebagai Room Attendant yang Tak Terlupakan

Adapun, dalam PKL ini, penulis mendapatkan pengalaman bertugas sebagaimana berikut ini:

1. Mengecek Status Kamar

Sebelum memasuki kamar tamu, room attendant harus memastikan stasus kamar tamu tersebut. Status ini penting untuk mengetahui jumlah tempat tidur yang akan ditata, linen yang perlu disiapkan, serta perlengkapan tamu yang perlu dibawa pada troli.

Status kamar didapat dengan melihat Guest In House List atau daftar tamu yang tinggal di hotel dan atau melakukan pengecekan langsung ke kamar. Pengecekan langsung ini disebut First Checking yang biasanya dilakukan oleh floor supervisor atau morning room attendant.

2. Memulai Pekerjaan

Room attendant harus menggunakan prioritas dalam memulai pekerjaan. Ini penting agar semua kamar selesai dibersihkan pada waktu yang tepat. Adapun urutannya adalah memasang room attendant sign pada pintu sebagai tanda kamar sedang dibersihkan, pemeriksaan nyala bola lampu yang ada di ruangan, pemeriksaan alat elektronik agar dilaporkan jika ada kerusakan, pengecekan rel tirai jendela, pengaturan suhu AC diposisikan normal, pengecekan laundry list, dan masih banyak lagi.

3. Menata Tempat Tidur atau Making Bed

Berdasarkan jumlah tempat tidurnya, kamar hotel umumnya dibedakan menjadi tiga, yakni single bed (satu tempat tidur untuk satu orang) dan double bed (satu tempat tidur besar untuk dua orang), dan twin (kamar dengan dua tempat tidur untuk dua orang).

Merapikan kamar dan menata tempat tidur biasanya disebut dengan making bed. Dalam prosesnya, beberapa aspek penting harus diperhatikan, yaitu kebersihan, kerapihan, keindahan, ketelitian, kenyamanan, dan pengerjaan yang harus sesuai dengan SOP (Standar Oprating Procedure) masing–masing hotel.

4. Membersihkan dan Menata Kamar

Selain tempat tidur atau bed, beberapa peralatan yang tersedia di kamar juga perlu dibersihkan dan dicek fungsinya.

5. Membersihkan dan Menata Kamar Mandi

Selain tempat tidur dan membersihkan perabotan, pekerjaan selanjutnya adalah pengecekan kamar mandi. Kamar mandi biasanya digunakan sebagai tolak ukur kebersihan kamar secara keseluruhan. Oleh karena itu, kebersihan kamar mandi menjadi prioritas khusus bagi semua room attendant.

6. Pemeriksaan Terakhir atau Double Check

Sebelum meninggalkan kamar, lakukan pengecekan terakhir dan yakinkan bahwa semua pekerjaan sudah selesai dengan baik. Ini sangat penting agar kamar benar-benar bersih dan lengkap sesuai standar yang sudah ditentukan.

Setelah semua pekerjaan dipastikan sudah selesai, dan perlengkapan tamu serta fasilitas sudah terisi, pekerjaan selanjutnya adalah mengisi room attendant control sheet.

Bagaimana Kawan GNFI, apakah kamu tertarik menjadi room attendant?

Hotel Majapahit, Saksi Perjuangan Indonesia Melawan Penjajah

Sumber:

  • https://stpbogor.ac.id/belajar-mengenai-langkah-langkah-persiapan-kamar-hotel-dari-room-attendant/#:~:text=Room%20attendant%20adalah%20posisi%20di,mengetahui%20bagaimana%20standar%20operasional%20prosedur%20(

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini