PLTS di IKN Beroperasi, Gunakan 21.600 Panel Surya

PLTS di IKN Beroperasi, Gunakan 21.600 Panel Surya
info gambar utama

PLN Nusantara Power (NP) resmi mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (29/2/2024). Pembangkit itu berhasil tersambung ke jaringan transmisi tahap pertama sebesar 10 Megawatt (MW) dari total kapasitas 50 MW. Dengan demikian, kawasan IKN kini dialiri listrik dari energi ramah lingkungan.

“Sinkronisasi tahap pertama dengan kapasitas 10 MW telah berhasil dilakukan sesuai jadwal. Kami akan lanjutkan sinkronisasi 40 MW dan lakukan uji coba hingga nanti PLTS ini bisa beroperasi komersial melistriki IKN,” ucap Direktur Utama PLN NP Ruly Firmansyah dalam keterangan tertulis di Penajam Paser Utara, Sabtu (2/3/2024).

PLTS IKN berdiri di atas lahan seluas 80 hektare. Pembangunan proyek melibatkan 337 orang tenaga kerja lokal dengan memanfaatkan 21.600 panel surya. PLTS dengan kapasitas 50 MW ini akan menjadi pionir pembangkit energi baru terbarukan (EBT) di kawasan IKN.

Batam Akan Punya PLTS Apung di Waduk Tembesi, Nilai Proyek Rp481 Miliar

Peletakan batu pertama proyek PLTS IKN dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo pada November 2023. Meski butuh waktu untuk menyingkronisasikan seluruh kapasitasnya, Ruly yakin pembangkit itu bisa beroperasi tepat waktu dan bisa digunakan untuk melistriki IKN saat upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dalam membangun IKN dengan konsep forest city yang pintar, indah, dan ramah lingkungan. Selain tenaga surya, PLN bakal memanfaatkan potensi hidro, seperti sungai dan danau, yang ada di sekitar IKN.

“Kami all-out mendukung infrastruktur kelistrikan hijau di IKN. Ini akan menjadi Ibu Kota terbaik di mana semuanya akan berbasis state of the art of technology, sumber energi bersih untuk IKN didukung teknologi pintar berbasis Artificial Intelligence (AI) yang paling mutakhir dan indah secara estetika,” tandas Darmawan.

2 PLTS Terapung Akan Dibangun di Sumbar dan Jabar, Investasi Rp1,6 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini