Pesona Pantai Goa Cemara di Bantul, Tempat Konservasi Penyu hingga Pohon Goa

Pesona Pantai Goa Cemara di Bantul, Tempat Konservasi Penyu hingga Pohon Goa
info gambar utama

Yogyakarta sudah sejak lama dikenal sebagai surganya tempat wisata, mulai dari wisata budaya, pendidikan, sejarah, sampai wisata alam yang menyajikan pemandangan nan mempesona semuanya ada. Salah satu wisata alam yang tidak boleh Kawan GNFI lewatkan saat liburan di Kota Gudeg ini adalah Pantai Goa Cemara.

Meskipun tergolong tempat wisata yang baru dan belum sepopuler Pantai Parangtritis, Pantai Goa Cemara telah berhasil mencuri perhatian wisatawan karena memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Deburan ombak dan hamparan pasir berwarna hitam nan lembut siap memanjakanmu.

Baca juga: Daya Tarik Pantai Kukup di Gunung Kidul yang Tak Boleh Dilewatkan

Sejarah Singkat Pantai Goa Cemara

Deretan pohon cemara yang rimbun
info gambar

Banyaknya pohon cemara di pantai ini merupakan hasil inisiatif dari Kelompok Tani Raharjo Desa Patihan. Mereka menanam sekitar 6.000 pohon cemara udang di lahan seluas 20 hektar di pinggiran pantai. Selain untuk memanfaatkan lahan kosong, penanaman pohon tersebut berfungsi sebagai pemecah angin atau wind barrier guna mencegah pengikisan gumuk pasir.

Kemudian, pepohonan yang semakin membesar itu membentuk pemandangan yang unik, dahan-dahannya saling berdempetan seperti sedang bergandengan dan terlihat seperti goa. Oleh karena itu, destinasi wisata ini dinamakan sebagai Pantai Goa Cemara. Keelokan pemandangan rimbunnya pohon cemara itulah yang mejadi daya tarik utama pantai ini.

Baca juga: Pantai Sadeng: Destinasi Wisata Pantai di Yogyakarta yang Nggak Boleh Dilewatkan

Lokasi dan Harga Tiket Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara merupakan salah satu dari beberapa deretan pantai yang ada di jalur Selatan. Tempat wisata alam ini terletak di Jalan Lintas Selatan, Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, sekitar 30 km dari pusat Yogyakarta. Pantai tersebut berjejeran dengan Pantai Samas dan Pantai Kwaru. Adapun jaraknya dengan Pantai Parangtritis sekitar 6 km.

Obyek wisata ini buka selama 24 jam. Artinya, Kawan dapat berkunjung pada pagi, siang, sore, bahkan malam hari. Harga tiket masuk (HTM)-nya pun sangat terjangkau. Kawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang untuk menikmati keindahan alam yang mempesona.

Fasilitas yang tersedia pun terbilang lengkap. Kawan GNFI akan menjumpai tempat parkir yang luas, baik untuk motor, mobil, maupun bus. Retribusi parkir dibayar tergantung pada jenis kendaraan. Unuk parkir motor sebesar Rp2.000, parkir mobil Rp5.000, dan membayar Rp15.000 untuk parkir kendaraan jenis bus.

Selain itu, Kawan juga dapat menikmati fasilitas lain yang tersedia di sini, seperti mushola, toilet, rumah makan yang menyediakan makanan khas setempat, pusat oleh-oleh, camping ground, hingga sewa kuda. Seru sekali, kan?

Baca juga: HeHa Forest Yogyakarta, Wisata Hutan Kekinian yang Digandrungi Anak Muda

Daya Tarik Pantai Goa Cemara

Selain terkenal karena pohon cemaranya, Pantai Goa Cemara juga memiliki daya tarik lain yang bisa menjadi pertimbanganmu mengunjungi tempat wisata ini. Apa saja?

Tempat Konservasi Penyu

Konservasi penyu di Pantai Goa Cemara
info gambar

Pertama, Kawan akan menjumpai hal menarik berupa konservasi penyu. Konservasi ini merupakan cara untuk menjaga keberlangsungan hidup penyu yang tinggal di sekitar Pantai Goa Cemara agar tidak punah. Selain itu, pengembangan tempat pelestarian tersebut juga bertujuan menarik minat wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Bangunan Mercusuar

Ketika datang ke pantai ini, Kawan akan mendapati bangunan mercusuar dengan tinggi sekitar 40 meter. Kabar baiknya, bangunan tersebut terbuka untuk dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat indahnya pemandangan hamparan lautan dari atas.

Meskipun begitu, mercusuar tersebut memberlakukan kuota pengunjung, yakni hanya bisa dimasuki oleh dua orang saja. Tidak heran jika sedang ramai pengunjung, Kawan akan melihat antrean panjang di depan bangunan ini. Tertarik untuk mencoba?

Baca juga: 5 Tempat Wisata Hidden Gem di Yogyakarta yang Harus Dikunjungi, Belum Banyak yang Tahu!

Sewa ATV

Menyewa ATV sangat cocok bagi Kawan yang tidak ingin berlelah-lelah berjalan kaki untuk menyusuri setiap jengkal pasir di Pantai Goa Cemara. Jasa penyewaan ATV tersedia banyak di tempat wisata ini. Perjalananmu akan semakin seru dan berkesan setelah merasakan sensasi berkendara di pesisir pantai dan di bawah pepohonan cemara yang rindang.

Vegetasi di Pesisir Pantai

Berbeda dengan pantai lain yang hanya menyajikan hamparan pasir, Pantai Goa Cemara tampak berbeda karena akan memanjakanmu dengan vegetasi yang begitu rimbun. Tak hanya deretan pohon cemara yang membentuk seperti goa, Kawan juga akan mendapati jenis pohon lainnya.

Itu dia ulasan mengenai beragam pesona Pantai Goa Cemara yang bisa menjadi tempat wisata alam pilihanmu untuk mengisi waktu liburan di Yogyakarta, terutama saat berada di Kabupaten Bantul.

Referensi:

  • https://gudeg.net/direktori/3688/pantai-goa-cemara.html
  • https://www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/1479112-pantai-goa-cemara
  • https://gumukpasir.com/pantai-goa-cemara-pantai-keluarga/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini