Daya Tarik Pantai Kukup di Gunung Kidul yang Tak Boleh Dilewatkan

Daya Tarik Pantai Kukup di Gunung Kidul yang Tak Boleh Dilewatkan
info gambar utama

Pantai Kukup adalah salah satu deretan tempat wisata alam di Yogyakarta yang tak boleh Kawan lewatkan. Pantai dengan panorama indah ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Pejalanan menuju Pantai Kukup dari pusat Kota Yogyakarta dapat kamu tempuh selama 2—3 jam.

Akses jalan ke pantai berpasir putih ini terbilang mudah dengan kondisi jalan yang baik dan dapat dilalui oleh beragam kendaraan bermotor, seperti mobil, motor, dan bus. Meskipun begitu, Kawan tetap wajib berhati-hati. Sebab, beberapa titik jalan di kawasan ini ada yang berkelok dan menanjak, serta ukurannya tidak terlalu lebar.

Tiket masuk ke Pantai Kukup cukup murah, yakni Rp10.000 saja per orang. Selain itu, fasilitas yang disediakan juga lengkap. Tersedia musala, toilet, aula, tempat makan, toko suvenir, hingga penginapan tersebar di sekitar destinasi wisata ini.

Baca juga: Pantai Sadeng: Destinasi Wisata Pantai di Yogyakarta yang Nggak Boleh Dilewatkan

Selain pasir putih, jalan yang mulus, dan fasilitas yang lengkap, apa saja daya tarik lainnya yang bisa Kawan nikmati di Pantai Kukup? Simak penjelasannya berikut ini.

Biota Laut yang Beragam

Saat mengunjungi Pantai Kukup, Kawan tidak hanya dimanjakan oleh keindahan pemandangan di darat, melainkan akan dibuat kagum dengan keragaman dan kelimpahan biota lautnya. Misalnya saat kondisi pantai ini surut, aneka biota laut seperti bulu babi, alga laut, kerang, dan berbagai jenis ikan dapat ditemukan dengan mudah di tepi pantai.

Warga setempat pun memanfaatkan keragaman biota laut di sini untuk meningkatkan taraf ekonomi. Mereka membuat olahan makanan dan suvenir khas dengan bahan dasar ikan dan kerang, lalu menjualnya kepada pengunjung sebagai oleh-oleh.

Daerah Laut Dangkal

Pantai Kukup, Gunung Kidul
info gambar

Pantai Kukup memiliki daerah laut dangkal yang relatif tenang, yang membentang sekitar 100 meter dari garis pantai. Kawasan dangkal ini dibatasi oleh gundukan terumbu karang di ujung pantai, seolah-olah berfungsi sebagai perlindungan alami dari gelombang laut yang besar.

Di sepanjang tepi pantai Kukup yang dangkal ini, Kawan dapat menemukan terumbu karang, bintang laut, dan berbagai jenis ikan hias yang unik. Ragam biota laut lainnya juga dapat dengan jelas terlihat dari atas.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Anti Mainstream di Yogyakarta

Tradisi Sedekah Laut

Sedekah Laut merupakan prosesi upacara dengan melarungkan sesaji yang dipersembahkan untuk Ratu Pantai Selatan. Upacara ini diadakan setiap bulan Suro (dalam penanggalan Jawa). Pelaksanaannya dipimpin langsung oleh tetua yang menjadi juru kunci pantai. Nah, Pantai Kukup menjadi salah satu tempat yang menggelar ritual ini. Sebab, letaknya yang masih berada di jalur pantai selatan.

Kabar baiknya, wisatawan diperbolehkan untuk menyaksikan secara langsung upacara Sedekah Laut. Jadi, Kawan akan menikmati dua jenis wisata sekaligus, wisata alam dan budaya. Pastikan Kawan mengunjungi pantai ini pada bulan Suro, ya.

Pulau Jumino

Di sebelah timur Pantai Kukup, terdapat sebuah pulau karang yang dinamakan Pulau Jumino. Kedua pantai tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk melihat pulau Jumino secara lebih dekat. Pulau Jumino dilengkapi dengan sebuah garda pandang yang dirancang khusus yang memungkinkan para pengunjung dapat menikmati panorama laut lepas dari pulau tersebut.

Baca juga: Ledok Sambi, Wisata Gratis di Yogyakarta yang Tawarkan Sensasi Bermain di Pinggir Sungai

Gua Karang

Selain bisa menikmati keindahan Pulau Jumino hanya dengan melewati jembatan, Kawan juga dapat mengunjungi gua-gua karang yang terletak di sebelah barat Pantai Kukup. Tidak sedikit pengunjung yang memanfaatkan gua-gua tersebut untuk bermain air dan sebagai tempat berteduh dari panasnya sinar matahari. Selain itu, Kawan juga dapat melihat secara langsung biota laut yang terdapat di dalamnya.

Referensi:

  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231109111932-275-1021888/pantai-kukup-yogyakarta-lokasi-tiket-masuk-dan-daya-tarik
  • https://www.orami.co.id/magazine/pantai-kukup
  • https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/28229/pantai-kukup/
  • https://travel.detik.com/domestic-destination/d-6696831/pantai-kukup-gunungkidul-yogya-letak-harga-tiket-dan-daya-tarik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini