RI Punya Pabrik Minyak Makan Merah di Deli Serdang, Kapasitas 7 Ton per Hari

RI Punya Pabrik Minyak Makan Merah di Deli Serdang, Kapasitas 7 Ton per Hari
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pagar Merbau di Kawasan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN II, Desa Pagar Merbau II, Kamis (14/3/2024). Fasilitas ini diperkirakan mampu memproduksi 10 ton minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) dan 7 ton minyak makan merah setiap hari.

Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia memiliki 15,3 juta hektare kebun kelapa sawit. Sekitar 40,5 persen atau 6,2 juta hektare milik petani. Maka dari itu, dia berharap, kehadiran pabrik percontohan ini dapat memberikan nilai tambah signifikan bagi petani sawit.

Impian 30 Tahun Terwujud, RI Kini Punya Pabrik Bahan Peledak di Kaltim

"Kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri. Kita bangun pabrik minyak makan merah ini dan kita harapkan ini dapat memberikan nilai tambah bagi para petani sawit, terutama yang sudah dalam bentuk koperasi. Jadi, harga TBS (Tandan Buah Segar) tidak naik," ucap Jokowi.

Jokowi kemudian menjelaskan keunggulan minyak makan merah ini. Pertama, harganya lebih murah daripada minyak goreng di pasaran. Lalu, vitamin E dan nutrisi lainnya masih terkandung di dalam minyak setelah dipakai menggoreng makanan. Hal inilah yang menurut Jokowi menjadikan produk tersebut tidak hanya sehat, tapi juga ekonomis bagi masyarakat.

“Ini sudah dicoba oleh beberapa chef dan mereka menyampaikan, ‘Pak, minyak makan merah ini beda. Lebih enak dan dicek gizinya lebih baik’,” imbuhnya.

Pembukaan pabrik minyak makan merah ini termasuk bagian dari upaya hilirisasi, yaitu proses peningkatan nilai tambah komoditas melalui pengolahan menjadi produk jadi. Pada kesempatan itu, Jokowi mengajak masyarakat untuk mengonsusmi minyak makan merah dari pabrik ini sebagai langkah mendukung pemasaran dan konsumsi produk yang berkelanjutan.

“Jangan jual TBS, jangan jual CPO, kalau bisa jadikan barang-barang jadi seperti ini. Ini bagus sekali,” pungkas Jokowi.

Gandeng China, Perusahaan Ini Bangun Pabrik Benang Bedah Senilai Rp47 Miliar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini