Jakarta-Bandung Kurang dari 1 Jam, Tol Japek II Selatan Operasi Fungsional Saat Idulfitri

Jakarta-Bandung Kurang dari 1 Jam, Tol Japek II Selatan Operasi Fungsional Saat Idulfitri
info gambar utama

Proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat kian dipercepat.

Setelah rampung, jalan tol ini akan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Proyek ini memiliki anggaran konstruksi sebesar Rp4,15 Triliun dan memiliki panjang total 62 kilometer. Pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi tiga paket pekerjaan yang berbeda.

  • Paket 1 ruas Jatiasih-Setu sepanjang 7,25 km masih menunggu kesiapan lahan
  • Paket 2 ruas Setu-Taman Mekar sepanjang 23,50 km terbagi atas:
    • Paket 2A Ruas Setu-Sukaragam sepanjang 10,50 km dengan progres konstruksi mencapai 10,36 %
    • Paket 2B Ruas Sukaragam-Sukabungah sepanjang 13 km dengan progres konstruksi mencapai 17,06 %.
  • Paket 3 ruas Sukabungah-Sadang sepanjang 31,25 km saat ini prosesnya telah mencapai 86,06%.
Sumut Makin Terhubung, Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Indrapura-Lima Puluh Diresmikan

Siap beroperasi ketika idulfitri

Pada Paket 3 yang meliputi ruas Sukabungah - Sadang, direncanakan akan dioperasikan pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H, dengan rute dari Sadang ke Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer. Rencana ini memungkinkan pembukaan situasional bagi kendaraan golongan 1 (non bus) yang menuju Jakarta saat terjadi arus lalu lintas satu arah dari Karawang Barat ke Cirebon atau Bandung.

Pengoperasian ruas jalan tol sepanjang 8,5 km ini juga memperhatikan keselamatan pengguna jalan karena sebagian jalan dan jembatan masih dalam tahap konstruksi.

“Japek II Selatan ini merupakan jalan tol alternatif karena Jalan Tol Cikampek sangat padat sehingga diharapkan kepadatannya dapat terurai dan terdistribusikan. Nantinya masyarakat bisa pilih lewat utara (Cikampek) atau selatan (Japek II)” jelas Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga, Triono Junoasmono (Yongki).

Komisi V DPR RI juga menginginkan agar pengelolaan Rest Area di Jalan Tol Japek II Selatan dilakukan secara profesional guna memberikan manfaat ekonomi yang maksimal bagi masyarakat di sekitarnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, berharap agar Pemerintah Daerah Jawa Barat dapat memberikan dukungan untuk mempercepat proses pembebasan lahan guna memastikan pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan tidak terhambat.

Tol Cijago Sudah Tersambung Penuh, Jakarta-Bogor Bisa 45 Menit

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini