Laris Manis! Produk Mamin RI Kantongi Rp150 Miliar di SIRHA Budapest

Laris Manis! Produk Mamin RI Kantongi Rp150 Miliar di SIRHA Budapest
info gambar utama

Produk makanan dan minuman (mamin) serta hotel, restoran, dan kafe (horeka) Indonesia berhasil mencatatkan transaksi potensial sebesar 10 juta dolar AS atau sekitar Rp150 miliar di pameran SIRHA Budapest 2024 pada 5–7 Maret 2024 di Budapest, Hungaria.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi menyebut partisipasi Indonesia dalam pameran tersebut tidak hanya untuk mempromosikan produk mamin, tetapi juga meningkatkan peluang ekspor ke Eropa.

“Partisipasi Indonesia pada pameran ini juga membuka peluang untuk meraih transaksi jangka panjang dan diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor nonmigas ke Eropa Tengah dan Timur, khususnya Hungaria,” kata Didi yang dikutip dari laman kemendag.go.id.

Serap tenaga kerja

Transaksi potensial dalam pameran SIRHA Budapest terdiri atas transaksi komoditas mamin dan suplai tenaga kerja Indonesia untuk pembuat roti (baker) sejumlah 210 orang. Hungaria saat ini diketahui tengah membutuhkan banyak tenaga kerja seiring tumbuhnya investasi.

Pameran SIRHA Budapest 2024 juga menjadi ajang untuk mengoptimalkan penetrasi pasar gastronomi Indonesia ke kawasan Eropa Tengah dan Timur (ETT), terutama di tengah situasi konflik antara Ukraina dan Rusia.

Berdasarkan statistik tahun 2024, permintaan terhadap sektor makanan di Hungaria diperkirakan tumbuh 6,7 persen per tahun sesuai Tingkat Pertumbuhan Tahunan Gabungan (Compound Annual Growth/CAGR) periode 2024–2028.

Baca juga RI Pacu Ekspor Produk Mamin Lewat Pameran di Kazakhstan

Dipadati ribuan pengunjung

Paviliun Indonesia menghadirkan sembilan perusahaan yang membawa produk-produk kakao, turunan kelapa sawit, mentega putih, rempah dan herbal, makanan ringan, gula kelapa, kopi. Indonesia turut memperkenalkan kenikmatan kopi lewat barista asal Hungaria.

Selama tiga hari penyelenggaraan pameran, Paviliun Indonesia dikunjungi sekitar 6.000 orang dari berbagai negara, yakni Slovakia, Kroasia, Ceko, Serbia, hingga Rumania. Capaian ini membuktikan bahwa produk Indonesia berdaya saing dan memiliki daya tarik tersendiri.

Hungaria merupakan mitra dagang bagi Indonesia dengan total perdagangan kedua negara tahun 2023 mencapai 194,5 juta dolar AS. Adapun ekspor produk makanan olahan Indonesia ke negara ini meliputi makanan dan buah olahan, kacang-kacangan, hingga cokelat.

Baca juga Produksi Mamin hingga Perlengkapan Rumah Buatan RI Laris Manis di Chile

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini