UI Punya Aplikasi Translate Aksara Sunda ke Latin, Tertarik Coba?

UI Punya Aplikasi Translate Aksara Sunda ke Latin, Tertarik Coba?
info gambar utama

Menerjemahkan atau translate aksara Sunda ke Latin ternyata bisa dilakukan dengan mudah dengan aplikasi yang diciptakan oleh Fakuktas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI).

Aplikasi tersebut bernama Penerjemah Aksara Sunda. Untuk mengaksesnya, pengguna tidak perlu mengunduh apapun, karena aplikasi ini berbentuk web-based atau dapat diakses langsung menggunakam browser.

Tampilan aplikasi ini terbilang sederhana. Saat membuka lamannya, hanya ada kotak tempat mengisi teks beserta hasil terjemahannya.

Meski tampilannya sangat sederhana, aplikasi ini terbilang sangat bermanfaat dan mudah digunakan. Pengguna dapat langsung melakukan penerjemahan secaea cepat dengan hasil yang langsung didapat.

Cara Menggunakan Aplikasi Penerjemah Aksara Sunda

Menggunakan aplikasi Penerjemah Aksara Sunda terbilang sangat mudah. Karena tampilannya yang sederhana, pengguna tidak akan menemui kesulitan meski baru pertama kali menggunakannya.

Langkah pertama, pengguna tinggal membuka tautan https://ir.cs.ui.ac.id/aksarasunda/ menuju aplikasinya.

Pengguna tinggal memasukkan tulisan dengan aksara Latin di kotak berlabel "Teks Latin." Jika sudah, pengguna tinggal mengklik kotak di sebelahnya, di mana kotak tersebut akan menampilkan versi aksara Sunda dari tulisan yang telah dimasukkan.

Setelah kotak "Aksara Sunda" diklik, maka tulisan beraksara Sunda akan langsung muncul di sana. Sebaliknya, jika pengguna memasukkan tulisan dalam aksara Sunda di kotak "Aksara Sunda", maka aplikasi akan mengonversinya menjadi aksara Latin dan hasilnya bakal muncul di kotak "Teks Latin."

Perlu diketahui, bisa jadi ada perangkat yang tidak bisa membaca aksara Sunda, sehingga tulisan di kotak "Aksara Sunda" tidak akan terbaca jelas. Jika hal itu terjadi, ada cara untuk mengatasinya dan membuat tulisan dalam aksara Sunda jadi terbaca jelas.

Pengguna harus mengunduh font Sundanese Unicode dan meng-installnya. Tautan untuk mengunduh tersedia di bagian bawah laman Penerjemah Aksara Sunda.

Setelah diunduh, instalasi font Sundanese Unicode dapat dilakukan mengklik dua kali file SundaneseUnicode-1.02.ttf lalu mengaturnya di browser. Adapun cara pengaturan ini berbeda di tiap browser yang digunakan.

Jika menggunakan Mozilla Firefox, pengguna tinggal ikuti langkah berikut: klik Tools > Options > Contents > Font & Colors > Default Font > Pilih Sundanese Unicode > klik OK.

Sementara itu jika browser yang digunakan adalah Google Chrome, langkah instalasinya yakni klik Settings > Show Advanced Settings > Web Content Costumize Font > Ubah semua option Font menjadi Sundanse Unicode > klik OK.

Itulah cara menggunakan aplikasi Penerjemah Aksara Sunda. Tertarik mencoba?

Mengenal Aksara Sunda dari Sejarah dan Jenisnya secara Lengkap

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini