195 PSN Resmi Beroperasi, Nilainya Rp1.519 Triliun

195 PSN Resmi Beroperasi, Nilainya Rp1.519 Triliun
info gambar utama

Sebanyak 195 Proyek Strategis Nasional (PSN) di indonesia telah beroperasi penuh sejak 2016 hingga Februari 2024. Nilai proyek seluruhnya mencapai Rp1.519 triliun.

“Ada 77 proyek dan 13 program dalam tahap konstruksi atau operasi sebagian, nilainya Rp2.960,7 triliun,” papar Menteri Perekonomian RI Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai rapat internal di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Menilik Progres Pembanguan 3 Ruas Tol dalam PSN 2022 di Pulau Jawa

Menurut keterangan Airlangga, 41 PSN ditargetkan selesai tahun ini. Lima di antaranya rampung pada Januari—Maret, 24 proyek pada April—September, dan 12 proyek ditargetkan selesai dalam periode Oktober—Desember.

"Dari 36 PSN yang ditargetkan selesai pada April—Desember 2024, terdapat berbagai isu yang dilaporkan, terutama terkait pengadaan lahan dan tata ruang,” ucapnya.

Dalam rapat tersebut, Airlangga menyampaikan laporan khusus mengenai beberapa PSN. Pertama, Jalan Tol Gilimanuk–Negara–Pekutatan–Antosari–Mengwi membutuhkan dukungan pengadaan lahan melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) karena ada perubahan skema dari unsolicited menjadi solicited. Oleh sebab itu, PSN ini memerlukan pengalokasian anggaran pengadaan tanah melalui LMAN sekitar Rp3,9 triliun.

Kedua, Kawasan Industri Pupuk Fakfak membutuhkan percepatan proses pelepasan kawasan hutan dan kompensasi hak ulayat di area seluas lebih dari 500 hektare. Ketiga, Kawasan Industri Terpadu Batang membutuhkan arahan terkait pemberian insentif Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) bagi penyewa utama atau anchor tenant yang akan beroperasi pada Oktober 2024.

Airlangga juga melaporkan bahwa ada 14 usulan PSN baru periode November 2023–Februari 2024. Usulan itu diajukan dengan mempertimbangkan faktor kesiapan proyek, pembiayaan dari swasta tanpa dukungan APBN, mendukung pemerataan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan mendapat dukungan kementerian sektor.

“Ada PSN penyesuaian nomenklatur, perubahan dari ruang lingkup PSN itu sendiri,” pungkasnya.

8 Tahun Bangun PSN, Pemerintah Sudah Habiskan Rp1.442 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini