Lyodra Ginting, Penyanyi Muda yang Bertalenta dan Menginspirasi

Lyodra Ginting, Penyanyi Muda yang Bertalenta dan Menginspirasi
info gambar utama

Lyodra Margareta Ginting atau yang dikenal sebagai Lyodra merupakan seorang penyanyi asal Indonesia. Dia lahir di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 21 Juni 2003. Gadis berparas ayu tersebut sudah memenangkan berbagai kompetisi dan penghargaan di usianya yang masih tergolong muda, sebut saja Sanremo Junior 2017, 10th Season Indonesian Idol, dan masih banyak lagi.

Teknik andalan penyanyi kelahiran tahun 2003 ini adalah whistle, yaitu jangkauan nada tertinggi dari suara manusia. Hingga kini, Lyodra menjadi salah satu penyanyi pop paling terkenal di masyarakat Indonesia.

Lyodra sudah menunjukkan talentanya di bidang musik sejak berumur 2 tahun. Ketika berumur 4 tahun, Dia berpartisipasi dalam kompetisi bernyanyi di Kota Medan. Saat itu, Lyodra menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini dengan teknik vibrato yang sangat merdu.

Pada tahun 2013, Lyodra memperdalam teknik vokalnya bersama dengan Derta Purba. Dia juga belajar bermain organ untuk melakukan pelayanan di gerejanya. Selang setahun setelahnya, penyanyi asal Medan ini memulai kariernya sebagai penyanyi nasional.

Lewat Musik, Penyanyi Papua Yab Sarpote Menyuarakan Solidaritas untuk Palestina

Kala itu, ia mengikuti lomba Kirana Semen Indonesia yang diselenggarakan oleh BUMN PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Lyodra berhasil mencapai finale yang diselenggarakan di Teater Jakarta, Jakarta Pusat pada tanggal 31 Maret 2014.

Hasilnya, wanita berambut lurus tersebut berhasil meraih juara ke-4 dan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp25 juta. Di tahun yang sama, Lyodra mengikuti lomba Indonesia Mencari Bakat pada bulan Agustus—Oktober. Sayangnya, dia belum berhasil memenangkan kompetisi tersebut.

Pada tahun 2015—2016, Lyodra bergabung dengan grup musik Di Atas Rata-rata (DARR). Bersama DARR, dia mendapatkan berbagai pengalaman di dunia musik. Contohnya adalah konser di Ciputra Artpreneur pada April 2016 dan tampil di Istana Merdeka saat perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke-71.

Kemudian saat penyanyi berbakat ini menginjak umur 13 tahun, dirinya pergi ke kota Sanremo di Italia untuk berpartisipasi dalam lomba Sanremo Junior 2017 kategori A3 (umur 13-15 tahun). Lyodra pun berhasil meraih gelar juara di ajang kompetisi tersebut.

Tidak berhenti sampai di sana, pencapaian gemilang Lyodra berlanjut di tahun 2019—2020, di mana Lyodra mengikuti ajang kompetisi bernyanyi terbesar di Indonesia, yakni Indonesian Idol musim ke-10.

Dia berhasil meraih juara pertama setelah mengalahkan Tiara Andhini di ajang finale. Lyodra mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp150 juta dan satu unit mobil.

Cakra Khan Perbanyak Daftar Penyanyi Indonesia yang Lolos Audisi America's Got Talent

Perjalanan kariernya sebagai penyanyi nasional pun makin berkembang pesat. Terbukti ia juga mendebutkan karya lagu terkenal seperti Sang Dewi, Tak Dianggap, Ego, dan masih banyak lagi.

Gadis muda tersebut juga sering berkolaborasi dengan musisi terkenal lainnya, seperti Calum Scott, Yovie Widianto, Tiara Andhini, Ziva Magnolya, dan lainnya.

Selain pencapaiannya di bidang musik, Lyodra ternyata juga memperdalam ilmu pengetahuannya di bidang akademik. Tercatat ia sedang menempuh Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Pelita Harapan (UPH) secara daring.

Tak hanya itu, dirinya juga mengembangkan sayapnya ke bidang hiburan lain, seperti menjadi bintang iklan, mengikuti berbagai acara TV, berkolaborasi dengang musisi lain, dan terus berinovasi menulis lagu baru.

Dikarenakan banyaknya prestasi yang sudah diraih oleh Lyodra di umurnya yang kurang dari 20 tahun, tentunya Lyodra menjadi sosok yang menginspirasi bagi banyak orang.

Talentanya yang luar biasa digunakan untuk mengharumkan nama Indonesia. Oleh karena itu, kita juga harus belajar seperti Lyodra. Dengan berbagai potensi yang sudah diberikan Tuhan kepada kita, manfaatkan untuk mengharumkan Indonesia dan memuliakan Tuhan.

Penyanyi Muda Indonesia Raih Juara Dunia Kompetisi Menyanyi di Italia

Sumber Referensi:

  • Sihite, F. G. (2023, May 9). Profil Lyodra Ginting, Penyanyi Jebolan Indonesian Idol Berdarah Batak. detikcom. Retrieved March 4, 2024, from https://www.detik.com/sumut/berita/d-6710389/profil-lyodra-ginting-penyanyi-jebolan-indonesian-idol-berdarah-batak
  • Universitas STEKOM. (n.d.). Lyodra Ginting pada tahun 2021. Universitas STEKOM Semarang. Retrieved March 4, 2024, from https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Lyodra_Ginting

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

PC
KO
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini