Nama Sungai di Kalimantan yang Sering Jadi Nama Tempat di Pulau Lain

Nama Sungai di Kalimantan yang Sering Jadi Nama Tempat di Pulau Lain
info gambar utama

Pulau Kalimantan dikenal dengan banyaknya sungai yang melintasi wilayahnya. Terdapat ratusan sungai dan anak sungai yang mengaliri berbagai lokasi di sini. Bahkan, salah satu kota di Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu Banjarmasin, mendapat julukan sebagai Kota Seribu Sungai karena banyaknya sungai yang melintasi daerahnya. Menurut data BPS tahun 2014, terdapat 102 (tidak sampai seribu) sungai yang melintasi wilayah Kota Banjarmasin.

Ada tiga nama sungai di Pulau Kalimantan yang cukup dikenal masyarakat Indonesia karena merupakan bagian dari kelompok lima sungai terpanjang di Indonesia. Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km, berada di Provinsi Kalimantan Barat.

Kemudian di posisi ketiga dengan panjang 920 km yaitu sungai Mahakam, yang melintasi beberapa wilayah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur.

Mengenal Enggang Gading, Maskot Provinsi Kalimantan Barat yang Punya Nilai Filosofis

Sungai Barito menduduki peringkat keempat sungai terpanjang di Indonesia, dengan panjang mencapai 890 km yang melewati wilayah Provinsi Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan.

Selain dikenal sebagai salah satu dari kelompok sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Mahakam dan Sungai Barito juga memiliki keistimewaan ikonik masing-masing. Sungai Mahakam dikenal sebagai habitat pesut, mamalia air yang termasuk dalam klasifikasi hewan hampir punah. Sedangkan sungai Barito pada salah satu bagiannya, yaitu di Muara Kuin terdapat aktivitas Pasar Apung, yang juga merupakan pasar apung tertua di Indonesia dan salah satu dari yang tertua di dunia.

Tiga nama sungai terpanjang di Pulau Kalimantan tersebut karena kepopulerannya, sering kali digunakan sebagai nama hal-hal lainnya yang kadang kala bahkan tidak ada hubungannya dengan Pulau Kalimantan.

Jika Kawan GNFI mengetikkan kata “Mahakam”, “Kapuas” atau “Barito” pada mesin peramban web, maka selain informasi tentang tiga nama sungai di Pulau Kalimantan akan muncul juga nama-nama lainnya berupa perusahaan, produk, nama jalan, dan lainnya.

Bagi Kawan GNFI penyuka sepak bola Indonesia, pasti mengenal Barito Putra, sebuah nama tim sepak bola tingkat nasional kebanggan dari Provinsi Kalimantan Selatan. Nama sungai Barito menjadi pilihan yang menunjukkan asal daerah tim tersebut.

Barito juga dipakai sebagai nama jalan pada beberapa kota di Pulau Jawa, padahal warganya belum tentu ada yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan. Begitu juga dengan Mahakam dan Kapuas, beberapa nama jalan di luar pulau Kalimantan juga menggunakan nama sungai yang terkenal di Pulau Kalimantan itu.

Joko misalnya, yang tinggal di luar Kalimantan dan belum pernah ke sana, kebetulan ruas jalan di dekat rumahnya bernama Jalan Kapuas.

Makna Islami dalam Lagu Anak “Indung Indung” dari Kalimantan Timur

Akan lebih baik lagi jika Joko belajar tentang asal usul nama ruas jalan tersebut dan dapat menceritakan informasi tentang Sungai Kapuas kepada teman-temannya.

Pada lokasi wisata selain di Pulau Kalimantan pun apabila ada nama jalan yang menggunakan nama sungai di Kalimantan, dapat menjadi obyek cerita tersendiri oleh pemandu (tourist guide) untuk disampaikan kepada pengunjung.

Cerita mengenai asal nama jalan kepada wisatawan mancanegara khususnya, dapat menggambarkan bahwa Indonesia itu luas, banyak obyek wisata menarik untuk dikunjungi, dan masyarakatnya yang saling mengenal satu sama lain, serta saling mempromosikan lokasi wisata lainnya kepada wisatawan.

Hal ini juga menggambarkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, meskipun beragam suku, budaya, agama dan lainnya, tetapi kita satu, Indonesia.

Sumber:

  • https://banjarmasinkota.bps.go.id/statictable/2015/12/09/487/daftar-nama-sungai-di-kota-banjarmasin-beserta-data-panjang-dan-lebarnya-2014.html
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/5436277/5-sungai-terpanjang-di-indonesia-mulai-dari-sungai-kapuas-hingga-batanghari?page=11
  • https://kaltim.bps.go.id/statictable/2015/03/06/8/nama-dan-panjang-sungai-menurut-kabupaten-kota-2014.html
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230117112040-269-901359/daftar-5-sungai-terpanjang-di-indonesia-ada-3-di-kalimantan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini