Misi Timnas Indonesia Sukses, Vietnam Bukan Lagi Momok Pembawa Kutukan

Misi Timnas Indonesia Sukses, Vietnam Bukan Lagi Momok Pembawa Kutukan
info gambar utama

Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam. Misi pasukan Garuda sukses dijalankan, dan lawannya itu tak lagi jadi momok seperti dulu.

Laga Timnas Indonesia vs Vietnam digelar dalam ajang Kualifikasi Grup F Piala Dunia 2026. Kedua tim bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (21/3/2024).

Pertarungan Timnas Indonesia vs Vietnam semalam dimenangi tim tuan rumah dengan skor tipis 1-0. Gol dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

Awalnya, pertandingan berjalan alot di mana tidak banyak peluang berbahaya yang diciptakan kedua tim. Baru pada babak kedua Timnas Indonesia bermain lebih agresif setelah sejumlah pemain seperti Egy dan Pratama Arhan masuk hingga gol pun tercipta.

4 Kembaran Jersey Baru Timnas Indonesia: Dari Liverpool hingga Tim Negara Tetangga

Misi Sukses, Vietnam Bukan Momok

Dengan hasil yang didapat, Timnas Indonesia sukses menjalankan misinya. Sejak awal, Pasukan Garuda memang mengincar kemenangan.

‘’Kita harus optimistis. Semua pemain dalam kondisi siap tempur. Tidak ada masalah dengan pemain. Soal siapa yang akan diturunkan dan siapa kapten nanti, kita tunggu saja,’’ ujar Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia sebelum laga berlangsung.

Kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia kini mengoleksi empat poin dari tiga laga yang telah dilakoni. Anak-anak asuh Shin Tae-yong duduk di posisi kedua klasemen sementara Grup F, terpaut dua poin dari Irak selaku pemuncak klasemen yang baru memainkan dua laga.

Namun lebih dari sekedar menaikkan posisi dan menambah poin, kemenangan yang didapat juga sekaligus membuktikan bahwa Vietnam kini bukan lagi momok bagi Timnas Indonesia. Ini berbeda dengan sebelumnya di mana bagai kutukan, Vietnam sangat sulit dikalahkan.

Pernah ada masa di mana Timnas Indonesia tidak mampu menang atas Vietnam. Itu terjadi sejak Desember 2016 hingga Januari 2024. Saat itu, Timnas Indonesia tidak mampu sekalipun menang dalam enam pertemuan dan Vietnam tampak menjadi momok bagi Indonesia.

Namun situasi berubah sejak tahun 2024 ini. Pada 19 Januari 2024, Timnas Indonesia akhirnya menang 1-0 saat bertemu Vietnam di ajang Piala Asia. Sejak saat itu, tren negatif berhasil diputus.

Dengan kembali menangnya Timnas Indonesia, terbukti bahwa Vietnam bukan lagi momok yang membawa kegagalan. Pada Selasa (26/3/2024) nanti, giliran Timnas Indonesia yang akan bertandang ke Vietnam. Akankah Garuda kembali menang? Kita nantikan saja.

Maarten Paes, Sang Penakluk Lionel Messi yang Siap Membela Timnas Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini