6 Tol Baru di Jawa dan Sumatera Difungsikan Gratis untuk Mudik Lebaran

6 Tol Baru di Jawa dan Sumatera Difungsikan Gratis untuk Mudik Lebaran
info gambar utama

Enam jalan tol mulai beroperasi untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas saat mudik Lebaran 2024. Masyarakat dapat melewati tol baru ini secara gratis karena belum dikenakan tarif operasional secara resmi.

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja menyebutkan pihaknya akan terus meningkatkan layanan infrastruktur jalan serta jembatan dari tahun ke tahun.

Hal itu dibuktikan dari total panjang jalan tol di Indonesia hingga 2024 mencapai 2.836 km. Jalan tol ini tersebar di Pulau Sumatera (884 km), Pulau Jawa (1.783 km), Pulau Bali (10 km), Pulau Kalimantan (97 km), dan Sulawesi (62 km).

“Sampai saat ini kita sudah punya sekitar 2.900 km jalan tol operasional dan sebagian fungsional. Ruas tol ini merupakan backbone untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran dengan moda transportasi darat,” kata Endra yang dikutip dari keterangan resmi pupr.go.id.

Beberapa ruas tol baru yang telah beroperasi, di antaranya Tol CIleunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu), Tol Pasuruan–Probolinggo (Seksi 4A Probolinggo Timur–Gending), dan Tol Ciawi–Sukabumi (Seksi 2 Cigombong–Cibadak).

Baca juga 4 Ruas Tol Beroperasi Gratis saat Lebaran, dari Yogya-Solo hingga Cipularang

6 Jalan Tol Gratis untuk Mudik

Adapun untuk mudik 2024, sebanyak 6 jalan tol di Jawa dan Sumatera sepanjang 163,1 km akan dibuka tanpa dikenakan tarif. Berikut ini daftarnya.

  1. Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan yang membentang dari arah Sadang ke Kutanegara sekitar 8,5 km.
  2. Tol Yogyakarta–Solo ruas Kartosuro–Karanganom (Klaten) sepanjang 22,3 km.
  3. Tol Cimanggis–Cibitung untuk ruas Cikeas–Cibitung sepanjang 19 km yang terkoneksi dengan ruas tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek.
  4. Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat seksi 2 Kuala Tanjung Indrapura dan seksi 3–4 Sinaksak–Seribu Dolok sepanjang 56,6 km.
  5. Tol Bangkinang–Tanjung Alai sepanjang 24,7 km.
  6. Tol Indrapura–Kisaran seksi 2 Limapuluh–Kisaran (32 km).
Baca juga Jakarta–Bandung Kurang dari 1 Jam,Tol Japek II Selatan Operasi Fungsional saat Idulfitri

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini