United City FC, Klub Sepak Bola Filipina Bernuansa Indonesia

United City FC, Klub Sepak Bola Filipina Bernuansa Indonesia
info gambar utama

Di Filipina, ada sebuah klub sepak bola bernama United City FC. Menariknya, klub tersebut punya nuansa Indonesia.

Nama United City FC belakangan ini jadi perbincangan di kalangan penggemar sepak bola Tanah Air. Sebab, ada pemain Indonesia yang baru saja bergabung ke sana.

Pemain yang dimaksud adalah Nurhidayat Haji Haris. Eks penggawa Timnas U-23 Indonesia itu sebelumnya membela Persiraja Banda Aceh, lalu hijrah ke United City FC untuk berkompetisi di ajang Philippines Football League (PFL)

"Dengan rekam jejaknya yang sudah terbukti dan komitmennya untuk maju, Nurhidayat diharapkan bisa memperkuat lini pertahanan kami dan membantu membawa United City FC menuju kesuksesan yang lebih tinggi." tulis pernyataan resmi klub yang dirilis pada Minggu (24/3/2024).

United City FC merupakan klub yang berbasis di New Clark City, Filipina. Klub ini eksis sejak 2020, namun cikal bakalnya sudah ada sejak 2012.

Awalnya, United City FC bernama Ceres-La Salle dam berganti nama menjadi Ceres Negros pada 2017. Klub tersebut tergolong ngetop di Filipina dan pinya prestasi yang cukup ciamik, terbukti dari keberhasilan mereka menjuarai PFL dan Copa Paulino Alcantara.

Bukan cuma di tingkat nasional, United City juga beraksi di ajang internasional. Mereka pernah tampil di Piala AFC.

Berubahnya Ceres Negros menjadi United City FC bermula saat terjadi pergantian kepemilikan klub. Tak hanya berganti pemilik, kota tempat klub ini bermarkas pun ikut pindah sehingga rebranding dilakukan.

Awal Mula Manis, Jay Idzes Sukses Adaptasi di Timnas Indonesia

Pemain dan Petinggi Klub Asal Indonesia

Bergabungnya Nurhidayat sudah tentu menghadirkan nuansa Indonesia di United City FC. Namun, sebelumnya sudah ada orang Indonesia lain di sana, yakni Esti Puji Lestari.

Esti yang mengawali terasanya nuansa Indonesia di United City FC merupakan chairman di klub tersebut. Seperti Nurhidayat, Esti juga sebetulnya belum lama bergabung, yakni sejak Februari 2024 lalu.

Di United City FC, Esti bertugas membawa klub menjalankan lima misi, yakni meraih prestasi, memperkuat relasi dengan masyarakat lokal, mengembangkan talenta usia muda, berkembang secara komersial, dan membentuk tim putri.

Nama Esti tidaklah asing di kancah sepak bola. Sebelumnya, ia pernah memegang sejumlah jabatan penting, seperti Presiden Persijap Jepara dan General Manajer klub Liga China, Qingdao Red Lions.

"Membangkitkan United City FC adalah misi saya. Menjadi bagian dari klub dengan tradisi hebat dan sejarah panjang ini merupakan suatu kehormatan dan keuntungan, dan target saya adalah menyamai capaian masa lalu yang luar biasa di masa depan," kata Esti.

Profil Jay Idzes, Pemain Belakang Timnas Indonesia yang Dapat Julukan Jayadi dari Netizen

Referensi:

  • https://www.unitedcityfootballclub.com/featured/united-city-fc-unveils-nurhidayat-haji-haris-as-newest-defensive-asset/
  • https://www.unitedcityfootballclub.com/featured/ucfc-on-the-move-esti-lestari-appointed-chairman-of-united-city-fc/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini