5 Fakta Menarik Timnas Indonesia vs Vietnam: Dari Debut Manis hingga Kemenangan Besar

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia vs Vietnam: Dari Debut Manis hingga Kemenangan Besar
info gambar utama

Pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam berakhir dengan kemenangan bagi tim Garuda. Inilah 5 fakta menarik dari duel tersebut.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam tersaji dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 2026. Bermain di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa (26/3/2024), Indonesia berhasil menaklukkan tim tuan rumah dengan skor 3-0.

Kemenangan yang didapat membuat Indonesia tetap kokoh di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan raihan 7 poin. Selain membuat kans lolos ke babak kualifikasi selanjutnya tetap terjaga, ada pula sederet fakta unik dari pertandingan semalam. Berikut daftarnya:

1. Debut Manis Haye dan Oratmangoen

Pertandingan semalam adalah debut bagi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Keduanya pun berhasil menjalani debutnya dengan amat manis.

Bagaimana tidak, Haye dan Oratmangoen tampil ciamik dan berperan penting bagi Indonesia. Bahkan keduanya berperan langsung dalam gol pertama Indonesia ke gawang Vietnam.

Haye adalah pemberi assist bagi Jay Idzes yang mencetak gol saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Sementara itu, Oratmangoen jadi pencetak gol pada menit ke-23.

2. Berakhirnya Penantian 20 Tahun

Sebelum pertandingan semalam, Indonesia sudah hampir 20 tahun tidak bisa menang di kandang Vietnam. Terakhir kali Indonesia menang adalah pada 11 Desember 2004.

Data 11v11 mencatat bahwa saat itu Indonesia dan Vietnam saling berhadapan di Stadion My Dinh dalam ajang Piala AFF. Hasilnya, Indonesia menang 3-0.

Sejak momen itu, Indonesia dan Vietnam kembali bertemu sebanyak 17 kali di semua ajang di mana 8 di antaranya dimainkan di kandang Vietnam, dan Pertandingan semalam adalah yang kedelapan.

3. Menang Tiga Kali dalam Tiga Bulan

Tahun 2024 baru berjalan hampir tiga bulan. Namun, Indonesia sudah bertanding melawan Vietnam tiga kali.

Pertandingan pertama tersaji di Piala Asia 2023. Lalu dua lainnya adalah pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2024.

Dalam tiga pertandingan tersebut, Indonesia selalu menang, yakni dengan skor 1-0, 1-0, dan 3-0 secara beruntun.

4. Menang Besar Lagi dalam 20 Tahun

Tahukah Kawan GNFI bahwa pertandingan di kandang Vietnam pada 11 Desember 2004 juga adalah momen saat Indonesia menang besar atas Vietnam yang juga baru terulang kembali setelah hampir 20 tahun?

Ya, sejak saat itu, Indonesia tercatat empat kali menang atas Vietnam di berbagai ajang. Namun, baru semalam Indonesia mampu menang lagi dengan selisih tiga gol.

Sebelumnya, menyusul kemenangan pada Desember 2004, Indonesia hanya mampu menang paling banyak dengan selisih satu gol saja.

5. Selangkah Lagi Menuju Piala Asia

Meski pertandingan semalam bertajuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, namun perlu diketahui bahwa itu juga sekaligus merupakan kualifikasi untuk Piala Asia 2027.

Indonesia yang kini punya dua pertandingan tersisa dengan menghadapi Filipina Irak harus mampu meraih kemenangan minimal di salah satu pertandingan tersebut. Jika kemenangan itu diraih, maka Indonesia akan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan putaran final Piala Asia 2027.

Maarten Paes, Sang Penakluk Lionel Messi yang Siap Membela Timnas Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini