Film Monkey Man Segera Rilis di Indonesia, Syuting di Batam dan 90% Kru Orang Indonesia

Film Monkey Man Segera Rilis di Indonesia, Syuting di Batam dan 90% Kru Orang Indonesia
info gambar utama

Film Monkey Man kabarnya akan segera rilis di Indonesia. Film yang pernah viral karena mengambil tempat syuting di Batam ini, ternyata juga melibatkan setidaknya 90 persen kru orang Indonesia.

Monkey Man menjadi film debut bintang utama Slumdog Millionaire, Dev Patel, sebagai sutradara. Film yang bernuansa aksi ini, pertama kali ditayangkan dalam world premiere di acara South by Southwest (SXSW) pada tanggal 11 Maret 2024 dan berhasil mendapatkan standing ovation selama 2 menit dari para penonton.

Sinopsis Monkey Man

Peraih nominasi Oscar, Dev Patel (Lion, Slumdog Millionaire) mencapai debut penyutradaraan tur-de-force yang menakjubkan dengan film bergenre thriller penuh aksi.

Film ini bercerita tentang upaya seorang pria yang membalas dendam dengan para pemimpin korup yang telah membunuh ibunya dan terus menjadikan masyarakat miskin dan tak berdaya sebagai korban secara sistematis.

Monkey Man terinspirasi dari cerita Hanoman, yang sebagaimana kita ketahui, melambangkan kekuatan dan keberanian. Adapun pemeran utamanya adalah Dev Patel sebagai Kid.

Film Horor Religi Indonesia Ramai Disorot, Begini Tanggapan Sutradara Joko Anwar

Dikisahkan bahwa Kid merupakan pemuda anonim yang mencari nafkah di sebuah klub pertarungan bawah tanah. Setiap malamnya, dengan mengenakan topeng gorila, ia dipukuli hingga berdarah-darah oleh pejuang yang lebih populer demi mencari nafkah.

Setelah bertahun-tahun memendam amarah, Kid menemukan cara untuk menyusup ke kantong elit kota yang jahat. Ketika trauma masa kecilnya memuncak, tangannya yang terluka secara misterius melancarkan pembalasan yang eksplosif. Hal ini dilakukannya untuk menyelesaikan masalah dengan orang-orang yang mengambil segalanya darinya.

Mengambil Lokasi Syuting di Infinite Studios, Batam

Film Monkey Man mengambil lokasi yang berada di Batam, Indonesia, tepatnya di Infinite Studios. Infinite Studios merupakan sebuah perusahaan hiburan media dan layanan kreatif yang berbasis di Singapura dan Batam. Reputasi Infinite Studios terbilang tidak main-main dalam memproduksi berbagai film dan serial kelas Hollywood.

Beberapa produksi film dan serial yang membawa Infinite Studios berperan sebagai local co-producer, antara lain HBO Westworld, Equals, Hitman: Agent 47, Blackhat, The Night Comes For Us, Crazy Rich Asians, dan masih banyak lagi. Infinite Studios juga memproduksi animasi yang telah tayang di televisi maupun bioskop, seperti Cocomelon Lane, Munki and Trunk, Jungle Beat: The Movie, Vampirina, Peter Rabbit, dan lain-lain.

Dilansir sindonews.com, proses syuting memakan waktu hingga 6 bulan di tahun 2021 dikarenakan harus menyesuaikan protokol kesehatan yang berlaku akibat kasus Covid-19 gelombang kedua yang masih tinggi.

Monkey Man syuting di Batam min, pas kondisi Covid gelombang 2 merebak. Seluruh kru dikarantina dan kami hanya boleh keluar pas shooting. Selama 6 bulan tinggal di hotel yang sama… Penuh kenangan banget,” tulis Udeh Nans, selaku stunt coordinator dalam film tersebut, pada kolom komentar akun Instagram @gilafilmid.

Peringati Serangan Umum 1 Maret 1949, GMNI APMD Gelar Nobar Film Dokumenter

Melibatkan 90% Kru Orang Indonesia

Hal menarik lainnya yang terdapat di film Monkey Man ini yaitu ketika penayangan pertama dalam acara SXSW 2024. Terlihat after credit pada film tersebut berisikan deretan nama-nama kru yang merupakan orang Indonesia. Faktanya, film yang diperkirakan akan tayang pada bulan April nanti, memang melibatkan setidaknya hingga 90 persen kru dari Indonesia.

Dev Patel menggandeng beberapa aktor stunts warga negara Indonesia, hal ini jelasnya hadir dalam beberapa unggahan foto para stunts di media sosial yang bisa berfoto bersama Dev Patel di lokasi syuting.

Berdasarkan situs resmi Rotten Tomatoes, Monkey Man berhasil mendapatkan rating sebesar 93% oleh para kritikus film. Kemudian lewat situs IMDb, film yang berdurasi selama 2 jam ini mendapatkan rating 7.5/10.

Monkey Man akan resmi dirilis pada tanggal 5 April 2024 di Amerika Serikat. Kabarnya melalui media sosial Cinema XXI, film tersebut rencana juga akan menyusul tayang di bioskop seluruh Indonesia.

Kawan GNFI, apakah ada yang tertarik untuk menonton film Monkey Man nanti?

Film 'Agak Laen' Tembus 6 Juta Penonton, Jadi Harapan untuk Industri Film Indonesia

Referensi:

  • https://twitter.com/hashtag/MonkeyManMovie?src=hash&ref_src=twsrc%5Etfw
  • https://lifestyle.sindonews.com/newsread/1339209/158/viral-film-monkey-man-syuting-di-batam-libatkan-90-kru-orang-indonesia-1710302594
  • https://www.monkeyman.movie
  • https://www.infinitestudios.com.sg
  • https://www.asamassa.com/posts/infinite-studios-kembaran-hollywood-di-batam
  • https://www.rottentomatoes.com/m/monkey_man
  • https://www.imdb.com/title/tt9214772/
  • https://sumut.idntimes.com/hype/entertainment/per-1686406711-bra/fakta-monkey-man-film-debut-arahan-dev-patel-yang-syuting-di-batam

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini