Jangkau Wilayah 3T, Ekspedisi Rupiah Berdaulat Sabet Penghargaan Internasional

Jangkau Wilayah 3T, Ekspedisi Rupiah Berdaulat Sabet Penghargaan Internasional
info gambar utama

Inisiatif Bank Indonesia (BI) untuk mendistribusikan uang Rupiah ke daerah-daerah terpencil melalui Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) telah mendapatkan pengakuan internasional dengan meraih Central Banking Award (CBA) ke-11 untuk kategori inisiatif mata uang.

Panitia CBA memberikan apresiasi terhadap inovasi dan keunggulan BI dalam manajemen uang tunai, terutama dalam distribusi uang tunai di tengah kondisi geografis Indonesia yang menantang.

CBA merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh The Central Banking untuk mengakui inovasi dan keunggulan bank sentral dalam menghadapi tantangan kebijakan dan operasional yang signifikan di tengah meningkatnya tekanan inflasi, perubahan teknologi yang cepat, dan transisi lingkungan. The Central Banking adalah platform media internasional yang fokus pada kebanksentralan di 120 negara.

“Sepanjang 2023, ekspedisi ini telah menjangkau lebih dari 100 pulau terpencil untuk menyediakan Uang Layak Edar kepada masyarakat luas," pungkas Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono sehubungan apresiasi ERB tersebut.

CBA juga memahami tantangan unik yang dihadapi Indonesia dalam mendistribusikan uang tunai ke lebih dari 14.000 pulau di NKRI, seperti keterbatasan moda transportasi, kondisi cuaca ekstrem, dan konektivitas antar wilayah.

BI Keliling RI Sebar Uang Ratusan Miliar, Target 90 Wilayah 3T

Bantu rupiah tetap terdistribusi

Kerja sama antara Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut lewat Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) untuk mengedarkan uang Rupiah di daerah-daerah terdepan, terluar, dan terpencil menggunakan kapal perang TNI Angkatan Laut menjadi hal yang signifikan dalam penilaian CBA.

Kolaborasi ini melibatkan tidak hanya sarana transportasi, tetapi juga proses distribusi, keamanan, dan pengawalan. Mulai dari tahun 2012 hingga 2023, kolaborasi tersebut telah menghasilkan 110 kegiatan pertukaran uang tunai secara mobile di daerah-daerah 3T dengan mencakup 565 pulau.

Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) merupakan agenda tahunan sejak tahun 2012 yang bertujuan untuk memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar guna menjaga kelancaran aktivitas perekonomian serta mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional.

ERB merupakan komitmen Bank Indonesia dalam mendistribusikan uang Rupiah, dan pada tahun ini, kegiatan tersebut akan dilakukan di 18 provinsi. Setiap langkah dalam distribusi, termasuk penghargaan yang diterima, merupakan apresiasi yang bersama-sama diakui karena ERB adalah hasil kerja sama antara Kementerian/Lembaga, termasuk TNI-AL.

Jadi Uang Terbaik di Dunia, Rupiah Mustahil Bisa Dipalsukan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini