Menu Lebaran Ketupat dalam Sukacita Hari Raya Idulfitri

Menu Lebaran Ketupat dalam Sukacita Hari Raya Idulfitri
info gambar utama

Hari kemenangan umat islam yang jatuh pada 1 Syawal ditunaikan setelah selesai berpuasa selama bulan Ramadan. Pada momen seperti ini, Kawan GNFI pun biasanya akan akrab dengan sebutan Lebaran Idulfitri atau biasanya juga diistilahkan Lebaran Ketupat.

Di saat Lebaran, ada banyak sekali tradisi khas yang dilakukan, mulai dari ajang mudik, silaturahmi dan saling bermaafan, hingga sajian komplit menu lebaran yang beragam. Salah satunya ketupat yang disajikan bersama menu-menu pelengkapnya.

Lebaran Idulfitri juga menjadi momen temu kangen para saudara. Ada banyak kegiatan selebrasi yang menambah kekompakan kekompakan, seperti menyahutkan gema takbir hingga pagi dan pawai obor.

Kenapa Ketupat Jadi Makanan Khas Lebaran?

Sejarah Lebaran Ketupat

Lebaran yang identik dengan adanya ketupat sebagai salah satu menu khas, memiliki filosofinya tersendiri. Btw Kawan GNFI, ketupat adalah 'nasi' yang dibentuk dari anyaman janur berbentuk segi empat mapun segi lima, kemudian diisi beras dan direbus. Rasanya persis seperti lontong, meskipun dari bentuknya berbeda dan teksturnya tidak selembut lontong.

Makna dari ketupat atau adalah ‘ngaku lepat’ yang asalnya dari bahasa Jawa. Artinya adalah pengakuan rasa bersalah dengan harapan sebagai pengingat untuk saling memaafkan.

Lebaran Ketupat yang menjadi salah satu tradisi khas Lebaran di Indonesia ini berawal dari penyebaran agama Islam di Pulau Jawa yang dibawa oleh Sunan Kalijaga. Ketupat menjadi media dakwah salah satu tokoh Wali Songo tersebut yang kental akan nilai budaya dan filosofi Jawa yang berbaur dengan nilai-nilai islami.

Sunan Kalijaga mengenalkan budaya Bakda Lebaran dan Bakda Kupat sebagai sarana berdakwah untuk menyebarkan Islam. Kemudian pelaksanaan Bakda Kupat atau Lebaran Kupat dimulai satu minggu setelah Lebaran Idulfitri.

Ketupat memiliki bentuk segi empat dan segi lima. Makna dari bentuk segi empat mencirikan prinsip ‘kiblat papat lima pancer’ dengan maksud bahwa meskipun tujuan manusia beragam, pasti akan selalu kembali pada Allah. Lalu, ketupat yang memiliki bentuk segi lima, memiliki makna ‘barang limo rak keno ucul’, yaitu salat lima waktu wajib ditunaikan.

10 Makanan Khas Lebaran Beberapa Daerah Di Indonesia Yang Patut Kamu Ketahui

Tradisi Lebaran Ketupat

Tradisi yang tak lepas dari persitiwa bersejarah tersebut pada akhirnya dijadikan tradisi setiap Lebaran Idulfitri. Aneka ragam makanan saat Lebaran Ketupat juga biasanya disajikan dengan tertata. Ada kue kering, kacang, manisan, rendang, opor, hingga gudeg manggar.

Demi menjunjung adab, di setiap rumah yang kita kunjungi ketika Lebaran, cicipilah minimal salah satu kudapan yang dihidangkan.

Menu Lebaran Ketupat Komplit

Biasanya, nasi akan disajikan seperti apa adanya. Namun, saat Lebaran Ketupat, tampilan nasi menjelma menjadi ketupat. Tentunya itu sangat menarik selera makan. Apalagi jika menu Lebaran Ketupat tersaji dengan beragam lauk pendamping, sungguh akan terasa semakin memikat.

Lauk-pauk pendamping menu Lebaran Ketupat memang identik dengan opor ayam, padahal sebenarnya ketupat juga disajikan dengan ragam makanan lainnya.

Berikut 5 menu Lebaran Ketupat yang bisa kamu persiapkan di rumah:

Ketupat Kecap

Ketupat akan semakin lezat jika disajikan dalam olahan ketupat kecap. Menu Lebaran Ketupat ini disajikan dengan potongan ketupat, tahu iris, telur iris, dan dilengkapi dengan potongan daun bawang dan kecambah. Kemudian, menu tersebut disiram dengan sambal kecap dan diberi taburan bawang goreng.

Semur Tahu Telur

Menu ini disajikan sebagai olahan tahu dan telur dalam kuah kekuningan yang dimasak bersama bumbu-bumbunya. Kekuningan merupakan ciri kuah dari semur. Warna tersebut didapatkan karena adanya campuran dari kunyit. Sungguh, cita rasa rempahnya akan sulit ditampik jika tersaji dengan ketupat.

Gulai Ayam

Ayam adalah olahan utama menu ini yang disajikan dalam potongan kotak-kotak. Kuah yang identik berwarna coklat gelap keruh tersebut akan dilengkapi dengan irisan daun jeruk dan sambal kacang. Nikmatnya menu Lebaran Ketupat tersebut dijamin terasa lebih menggigit jika ditambah dengan kerupuk udang maupun keripik tempe.

Ketupat, Makanan Wajib Saat Lebaran Khas Suku Melayu

Bakso Balado

Makanan olahan sebagai menu Lebaran Ketupat ini adalah jenis tumisan. Warna balado yang akan dicampur dengan bakso berasal dari cabai merah dan tomat, ditambah kaldu dari bakso tentu menambah rasa segar jika dinikmati bersama ketupat.

Ketupat Pecel

Pada hidangan yang satu ini, ketupat akan ditemani dengan aneka sayuran segar yang sudah direbus, seperti kacang panjang, kecambah, bayam, sawi, irisan mentimun, dan kemangi.

Menu Lebaran Ketupat tersebut juga lazimnya dilengkapi dengan potongan telur rebus, kemudian disiram dengan sambal pecel. Akan makin terasa luar biasa jika dimakan dengan rempeyek.

Lebaran Idulfitri memang membawa rasa sukacita dengan beragam tradisi khasnya. Salah satunya ada Lebaran Ketupat yang lahir dari peristiwa bersejarah. Mana masakan yang paling kamu sukai, Kawan GNFI?

Sumber:

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/artikel/makna-ketupat-yang-menjadi-menu-khas-lebaran

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini