Pembuktian Shin Tae-yong: Menanti 20 Tahun, Timnas Indonesia Berjaya di Vietnam!

Pembuktian Shin Tae-yong: Menanti 20 Tahun, Timnas Indonesia Berjaya di Vietnam!
info gambar utama

Timnas Indonesia akhirnya berjaya di Vietnam. Inilah akhir dari penantian panjang selama 20 tahun.

Timnas Indonesia baru saja mengalahkan Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2026. Bermain di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa (26/3/2024), Indonesia menang dengan skor telak 3-0.

Indonesia tampil lebih dominan sejak awal. Hasilnya, anak-anak asuh Shin Tae-yog mampu membuka keunggulan lewat gol Jay Idzes saat pertandingan baru memasuki menit kesembilan.

Lalu pada menit ke-23, keunggulan Indonesia bertambah menjadi 2-0 setelah Ragnar Oratmangoen mencatatkan namanya di papan skor. Menutup babak pertama dengan dua gol, Indonesia kemudian mengubah skor menjadi 3-0 pada injury time babak kedua lewat gol Ramadhan Sananta.

Hasil ini bermakna penting bagi Indonesia. Tak hanya mengukuhkan posisi kedua di Grup F dengan koleksi 7 poin, Indonesia juga mengakhiri sebuah penantian panjang selama 20 tahun.

United City FC, Klub Sepak Bola Filipina Bernuansa Indonesia

Berakhirnya Penantian 20 Tahun

Penantian yang dimaksud adalah kemenangan di kandang Vietnam. Ya, selama hampir 20 tahun, Indonesia memang pernah tak bisa menang di sana.

Berdasarkan data 11v11, kemenangan terakhir Indonesia di kandang Vietnam terjadi pada 11 Desember 2004. Saat itu, kedua tim saling berhadapan di Stadion My Dinh dalam ajang Piala AFF dan Indonesia menang 3-0.

Sejak pertandingan itu, Indonesia dan Vietnam kembali bertemu sebanyak 17 kali di semua ajang, termasuk pertandingan semalam. Dari 17 pertemuan tersebut, 8 di antaranya dimainkan di kandang Vietnam, dan Indonesia baru bisa menang dalam pertandingan kedelapan.

Bagaimana dengan tujuh pertandingan sebelumnya? Ternyata, empat kali seri dan tiga kali kalah.

Sejak sebelum pertandingan semalam, catatam buruk di kandang Vietnam sudah jadi sorotan. Shin Tae-yong selaku Pelatih Indonesia pun sempat menyinggungnya dalam sesi konferensi pers.

Saat itu, pelatih asal Korea Selatan itu mengutarakan optimismenya bahwa Indonesia bisa menang dan mengakhiri catatan buruk yang ada.

"Kami sudah melakukan persiapan supaya bisa menampilkan performa bagus di pertandingan besok (tadi malam). Mungkin akan lebih berat karena kami bermain di kandang Vietnam. Tapi menurut saya kami punya peluang untuk menang," ujar Shin saat itu, seperti dilansir laman resmi PSSI.

Optimisme Shin akhirnya benar-benar terwujud. Tak hanya sekedar mengakhiri penantian 20 tahun, anak-anak asuhnya menang besar lewat penampilan yang cukup meyakinkan.

Awal Mula Manis, Jay Idzes Sukses Adaptasi di Timnas Indonesia

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/misi-skuad-garuda-meraih-kemenangan-di-vietnam
  • https://www.11v11.com/teams/indonesia/tab/opposingTeams/opposition/Vietnam/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini