Konsisten Dukung Palestina, Indonesia Dapat Penghargaan dari Negara-negara Arab

Konsisten Dukung Palestina, Indonesia Dapat Penghargaan dari Negara-negara Arab
info gambar utama

Duta Besar Negara-negara Arab menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia dalam menggalang dukungan untuk Palestina. Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi pada 2 April 2024.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, sebanyak tujuh Dubes hadir dari Palestina, Yordania, Arab Saudi, Aljazair, Suriah, Oman, dan Mesir. Ada pula perwakilan dari kedutaan besar Bahrain, Mauritania, Yaman, Libanon, Irak, PEA, Qatar, Tunisia, Sudan, Somalia, Maroko, dan Libia.

Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair S.M Alshun menyebut seluruh masyarakat Indonesia terlibat dalam mendukung perjuangan Palestina. Pihaknya juga menghargai keaktifan Menlu Retno di berbagai organisasi internasional demi Palestina.

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno menekankan pentingnya kesatuan sikap dan posisi dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina, serta memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung negara yang tengah dijajah Israel ini.

Baca juga Indonesia Siap Kirim Bantuan untuk Sudan dan Palestina, Masing-masing Rp18 Miliar

Kolaborasi RI dan Negara-negara Arab

Agar dukungan untuk Palestina berkelanjutan dan terus menguat, Menlu Retno menjelaskan ada tiga hal utama yang dapat menjadi fokus kolaborasi Indonesia dan negara-negara Arab. Pertama, memastikan implementasi Resolusi 2728 yang memuat isu gencatan senjata.

“Indonesia menyambut baik Resolusi tersebut. Namun demikian, kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan Resolusi ini dapat diimplementasikan dan dihormati oleh Israel,” kata Melu Retno.

Menurutnya, situasi Palestina tidak akan memprihatinkan seperti saat ini jika Resolusi Dewan Keamanan PBB yang sudah ada diimplementasikan. Menlu Retno menyayangkan sikap Israel yang melanjutkan serangan meski Resolusi 2728 telah dikeluarkan.

Kedua, mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB. Indonesia mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB dan mengajak para Duta Besar agar negaranya juga melakukan hal yang sama. Sebab keterlibatan negara–negara Arab sangat penting bagi Palestina.

Ketiga, mendukung upaya untuk menyelamatkan UNRWA, mengingat perannya yang krusial dalam membantu pengungsi Palestina. Menlu Retno mengapresiasi negara-negara yang telah memutuskan untuk kembali memberikan dukungan, setelah sebelumnya menangguhkan.

Pada kesempatan itu, Menlu Retno juga mengecam serangan Israel pada gedung dan fasilitas diplomatik Iran di Damaskus. Aksi ini, menurutnya merupakan pelanggaran hukum internasional dalam perlindungan fasilitas diplomatik.

Baca juga Momen Ramadan, RI Serukan Solidaritas Global untuk Palestina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini