CEO Apple Tim Cook Bertemu Presiden Jokowi, Minat Investasi di RI?

CEO Apple Tim Cook Bertemu Presiden Jokowi, Minat Investasi di RI?
info gambar utama

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengadakan pertemuan dengan Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (17/4). Keduanya akan membahas peluang investasi Apple di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan, pertemuan Presiden RI dan CEO Apple itu merupakan hal yang positif karena Indonesia dipandang sebagai bagian penting dari ekosistem kemajuan teknologi global.

Apple saat ini telah membuat Apple Developer Academy di BSD Tangerang, Batam, dan Surabaya. Selain menemui Presiden, kunjungan Tim Cook ke Tanah Air juga dilakukan untuk meresmikan Apple Academy di Bali.

Baca juga Pangsa Pasar Gawai Apple Q1 2023 ‘Cerah’ di Indonesia, Ini Alasannya

Investasi sumber daya manusia

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyampaikan bahwa Apple akan berinvestasi pada sisi sumber daya manusia (SDM) atau talenta digital dan infrastruktur. Namun, belum ada penjelasan detail terkait hal ini.

Tak hanya Apple, CEO Microsoft juga disebut berniat melakukan investasi di Indonesia. Sebelumnya, Tim Cook telah lebih dulu datang ke Vietnam pada 15 April 2024 untuk menambah investasi rantai pasok gadget.

Apple Academy merupakan upaya untuk mengembangkan infrastruktur pendidikan di Indonesia. Bootcamp resmi dari Apple ini menjadi wadah untuk mengembangkan talenta di bidang IT.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menilai hasil output program tersebut cukup baik dalam menghasilkan SDM yang dapat mengembangkan perangkat software. Mereka juga sudah masuk di perusahaan-perusahaan di Tanah Air.

Baca juga Bos Microsoft dan Apple Mau ke Indonesia Bulan Depan, Ada Apa?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini