Berkunjung ke Indonesia, Bos Apple Nonton Wayang hingga Makan Sate Ayam

Berkunjung ke Indonesia, Bos Apple Nonton Wayang hingga Makan Sate Ayam
info gambar utama

Seperti yang ramai diberitakan media, CEO Apple Tim Cook tengah mengunjungi Indonesia untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Ia juga menikmati pertunjukan wayang kulit hingga menyantap sate ayam.

“iPhone Photographer Nyimas Laula memperkenalkan kesenian Indonesia hari ini di Museum Wayang. Terima kasih untuk semua pemain yang luar biasa,” demikian cuitan Tim Cook di X, Rabu (17/4).

Usai bertemu dengan Presiden Jokowi, Tim Cook juga mengunjungi Prabowo Subianto. Bos Apple menyampaikan rencana pembangunan Apple Developer Academy keempat yang berlokasi di Bali.

Tim Cook secara total menggelontorkan Rp1,6 triliun untuk membangun empat akademi di Indonesia, yaitu:

  1. Apple Developer Academy di Binus BSD, Serpong, Tangerang
  2. Apple Developer Academy di Universitas Ciputra di Surabaya
  3. Apple Developer Academy di Infinite Learning di Batam
  4. Apple Developer Academy di Bali

Selama berada di Jakarta, Tim Cook juga memamerkan dirinya yang tak ketinggalan mencicipi sate ayam. Melalui akun X-nya, Tim Cook mengatakan bahwa menyantap sate ayam adalah cara yang sempurna untuk mengawali kesehariannya.

Baca juga CEO Apple Tim Cook Bertemu Presiden Jokowi, Minat Investasi di RI?

Tambah komponen lokal smartphone

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengungkapkan, usulan penambahan komponen lokal menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Bos Apple Tim Cook di Istana Merdeka Jakarta.

Karena itu, pemerintah berupaya meningkatkan jumlah komponen elektronik produksi dalam negeri ke perangkat telepon selular pabrikan Apple. Saat ini, Indonesia baru memasok dua dari 360 komponen yang terkandung dalam smartphone Apple.

Angka tersebut lebih rendah dari Vietnam yang mampu memasok 72 komponen elektronik untuk satu unik smartphone Apple. Pemerintah RI lantas mengajukan proposal kepada Apple untuk menambah penetrasi produk dalam negeri menjadi delapan komponen.

Baca juga Pangsa Pasar Gawai Apple Q1 2023 ‘Cerah’ di Indonesia, Ini Alasannya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini