Soekarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk se-Asia Tenggara, Angkut 2 Juta Orang saat Mudik

Soekarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk se-Asia Tenggara, Angkut 2 Juta Orang saat Mudik
info gambar utama

Platform data perjalanan asal Inggris, OAG Aviation Worlwide Limited, menobatkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara tersibuk pada April 2024. Jumlah penumpang pesawat di sana menurut data OAG mencapai 2,02 juta orang selama angkutan lebaran, 3—15 April atau H-7 hingga H+4.

Di samping itu, kapasitas kursi penerbangan di Soekarno-Hatta pada April 2024 mencapai 3,34 juta kursi. Jumlah ini paling banyak bila dibandingkan dengan bandara lain di Asia Tenggara. Dalam daftar rilisan OAG, Soekarno-Hatta unggul dari Bandara Changi asal Singapura serta Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand, yang menempati urutan kedua dan ketiga.

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura (AP) II Cin Asmoro menuturkan, periode angkutan lebaran sepanjang 3—18 April 2024 turut mendorong Soekarno-Hatta sebagai bandara tersibuk di ASEAN. Dia menyebut, AP II selaku operator bandara bersama maskapai dan didukung penuh regulator mampu memenuhi permintaan yang tinggi selama peak season angkutan lebaran.

20 Bandara Layani 309.477 Orang saat Puncak Arus Balik Lebaran 2024

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda membenarkan jumlah pergerakan penumpang di Soekarno-Hatta pada H-7 hingga H+4 Lebaran 2024 mencapai 2,02 juta orang. Angka itu lebih tinggi 7 persen daripada periode yang sama tahun lalu, yaitu 1,88 juta orang.

Dia juga menyebut, selama periode tersebut, maskapai berhasil mengoperasikan 994 penerbangan tambahan (extra flight) di Bandara Soekarno-Hatta.

“Bandara Soekarno-Hatta beroperasi 24 jam setiap hari dan memastikan ketersediaan slot time penerbangan bagi maskapai untuk bisa melayani perjalanan udara masyarakat pada periode angkutan lebaran,” terang Ananda.

3 Bandara AP II Borong 10 Penghargaan Terbaik di Asia Pasifik

Hingga H+4 Lebaran 2024, kata dia, Denpasar menjadi rute tersibuk dari Bandara Soekarno-Hatta dengan jumlah penumpang tembus 336.610 orang, diikuti Medan dengan 251.699 penumpang, Surabaya 197.731 penumpang, Makassar 170.596 penumpang, dan Padang 166.218 penumpang.

Ananda mengungkapkan bahwa saat ini layanan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan melalui 3 terminal yang sudah terkoneksi dengan Skytrain untuk memudahkan mobilitas pengunjung bandara dan penumpang pesawat. Tidak hanya itu, aksesibilitas bandara ini juga telah diperkuat dengan berbagai moda transportasi publik, termasuk kereta bandara.

Selain penghargaan ini, OAG pada Maret lalu juga menetapkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara yang paling pulih dari dampak pandemi Covid-19 di Asia Pasifik dan memberikan medali emas kategori The Most Recovered Airport dalam Asia-Pacific (ASPAC) Aviation Network Champions.

Soekarno-Hatta Jadi Bandara yang Paling Pulih dari Pandemi COVID-19

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini