Cara agar Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Fase Gugur Piala Asia U-23 2024, Apa Saja?

Cara agar Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Fase Gugur Piala Asia U-23 2024, Apa Saja?
info gambar utama

Timnas U-23 Indonesia kini berpeluang besar lolos ke fase gugur Piala Asia U-23 2024. Ada cara yang bisa ditempuh pada laga terakhir penyisihan grup nanti.

Peluang Indonesia terbuka setelah mengalahkan Australia dalam laga kedua penyisihan Grup A. Bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Kamis (18/4/2024), Indonesia menang dengan skor tipis 1-0.

Bermain di bawah tekanan Australia, Indonesia berkali-kali mencoba menyerang balik. Sempat terancam kebobolan saat Australia mendapat hadiah penalti pada menit ke-25 yang akhirnya gagal dieksekusi, Indonesia kemudian mencetak gol lewat Komang Teguh pada menit ke-45.

Setelah pertandingan Indonesia melawan Australia, digelar pula laga Grup A lainnya yakni Qatar melawan Yordania yang berakhir dengan kemenangan 1-0 bagi tuan rumah. Dengan demikian, klasemen grup dikuasai oleh Qatar (6 poin), sementara Indonesia ada di posisi kedua (3 poin), disusul oleh Yordania dan Australia yang sama-sama mengoleksi 1 poin.

Kini, Indonesia hanya butuh skor minimal imbang saat menghadapi laga fase grup terakhir melawan Yordania pada Minggu (21/4/2024) pukul 22.30 WIB.

Shopee Cup, Panggungnya Klub Sepak Bola Indonesia untuk Jadi yang Terbaik di ASEAN

Cara agar Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Fase Gugur Piala Asia U-23 2024

Cara paling ideal bagi Indonesia untuk lolos ke fase gugur Piala Asia U-23 2024 adalah dengan menang atas Yordania. Kemenangan akan membawa Indonesia lolos tanpa perlu melihat hasil laga lain yang mempertemukan Qatar dan Australia.

Kemenangan akan membuat Indonesia mengoleksi 6 poin. Australia dipastikan tidak akan bisa menyalip karena saat ini poin maksimal yang bisa mereka dapat adalah 4.

Namun jika Indonesia tidak menang dan hanya imbang dengan Yordania, peluang lolos masih terbuka dengan syarat khusus, yakni Qatar harus menang atau minimal imbang dengan Australia agar Australia tidak menyamai perolehan poin Indonesia.

Untuk diketahui, berdasarkan aturan AFC, ada beberapa poin tiebreaker yang jadi penentu tim mana yang berhak berada di posisi atas dan bawah apabila perolehan poinnya sama. Aturannya adalah sebagai berikut:

1. Jumlah poin
2. Selisih gol
3. Jumlah gol yang dicetak
4. Adu penalti jika dua tim dengan perolehan poin sama saling berhadapan di pertandingan terakhir grup.
5. Poin Kedisiplinan
6. Undian

Lantas, bagaimana jika Indonesia nantinya kalah dari Yordania? Jawabannya adalah Indonesia tidak akan lolos karena Yordania akan menyalip posisi Indonesia.

Maarten Paes, Sang Penakluk Lionel Messi yang Siap Membela Timnas Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini