Ketahui Tips Sukses Hadapi HRD Saat Wawancara Kerja

Ketahui Tips Sukses Hadapi HRD Saat Wawancara Kerja
info gambar utama

Ketika melamar sebuah pekerjaan, ada berbagai tahap yang akan Kawan lewati untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Salah satu proses yang harus dilewati ialah wawancara kerja. Tahap ini menjadi begitu penting karena dengan begitu Kawan bisa mengenal lebih jauh perusahaannya, begitu pun HRD bisa mengenal Kawan sebagai calon pekerja di perusahaan.

Sebelum melakukan proses wawancara kerja, Kawan harus menyiapkan beberapa hal yang dapat berpengaruh pada jalannya wawancara kerja nanti. Kawan harus mencari tahu informasi tentang perusahaan dan riset dengan tepat. Dengan begitu, ketika nanti ditanyakan tentang perusahaan oleh HRD, Kawan bisa menjawab dengan lugas.

Selain itu, cari tahu pula HRD di perusahaan tersebut yang nantinya akan mewawancarai Kawan. Kawan bisa mencari tahu lewat Linkedin atau bertanya kepada teman yang bekerja di perusahaan yang dituju. Semakin banyak informasi yang didapat, tidak menjadi kikuk ketika melakukan interview dan ada banyak hal yang bisa dibicarakan.

Tak kalah penting, Kawan juga harus survei lokasi apabila wawancara kerja secara langsung dan cek paltform wawancaranya jika melakukan online interview. Tak hanya itu, Kawan juga harus datang tepat waktu, minimal 15 menit sebelum wawancara dimulai.

Sebelum wawancara kerja juga, Kawan harus bisa menguasai resume yang sudah Kawan buat. Harus paham betul supaya nanti, ketika HRD bertanya, Kawan bisa menjawabnya.

Kalau dari segi penampilan, persiapkanlah pakaian yang rapi dan sopan. Meskipun itu interview online, tetap harus berpenampilan rapi.

Nah, ketika tahap wawancara kerja dimulai, adapula beberapa tips yang diberikan oleh Nuke Paramitha selaku Graduate Program Analyst Danone dalam Kelas GNFI ke-23 "How to Succeed in a Job Interview" pada Kamis (10/9) lalu.

Pertama, pahami pertanyaan yang diajukan. Jika tidak paham lebih baik bertanya daripada menjawab secara asal. Kemudian, fokuslah untuk menjawab pertanyaan yang memang ditanyakan.

Coba untuk bertanya di akhir wawancara, karena itu akan menjadi nilai tambah bagi Kawan. Dan yang paling penting, jangan bohong karena semua hal pada Kawan bisa dicek kebenarannya oleh HRD.

Di tengah kondisi pandemi seperti ini juga, wawancara kerja pasti tetap dilakukan. Masih dengan narasumber yang sama, Nuke memberikan tips untuk Kawan GNFI saat melakukan online interview di antaranya pastikan koneksi internet stabil, sebisa mungkin pakai laptop atau hp yang terdapat aplikasinya dan baterai penuh, update browser, gunakan earphone, datang sebelum waktunya, dan temukan tempat yang kondusif.

Di akhir sesi kelas, Nuke juga berpesan supaya lebih selektif dan berhati-hati lagi saat melakukan apply kerja. Tak jarang, banyak penipuan yang terjadi. Jika dirasa kurang meyakinkan, ada baiknya untuk dihindari saja.

“Mungkin ketika teman-teman apply kerja bisa jadi enggak dapat. Tapi kalau enggak dapat bukan berarti teman-teman jelek, tapi bisa jadi karena kurang cocok saja. Nah, dari situ teman-teman harus tetap belajar dan memahami bahwa rezeki enggak akan ke mana. Kalau ada posisi lain, tetap cobain. Jadi jangan patah semangat,” tutup Nuke.

---

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini